Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR: Penyebaran Wabah Virus Corona Begitu Tinggi Sementara Kesadaran Masyarakat Masih Rendah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 18 Mei 2020, 07:11 WIB
DPR: Penyebaran Wabah Virus Corona Begitu Tinggi Sementara Kesadaran Masyarakat Masih Rendah
Ilustrasi, masih banyak masyarakat beraktivitas di tengah pandemik dan tidak menjaga jarak/Net
rmol news logo Perkembangan pandemik virus corona begitu cepat dan angka kasus terus meningkat. Sementara di sisi lain kesadaran masyarakat masih begitu rendah. Kepincangan ini akan sangat mengkhawatirkan juga tidak segera diatasi. Dibutuhkan kerja cepat dari semua pihak untuk penanggulangan wabah ini.

DPR RI pun telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 serta membentuk Tim Pengawas (Timwas) Penanggulangan Bencana DPR RI.

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin mengatakan tim itu akan menyalurkan bantuan-bantuan yang berguna dalam menangani permasalahan pandemik, termasuk juga membuat dapur umum.  

“Dengan cepat kita langsung membuat Satgas lawan Covid-19. Di situ kita menyalurkan alat-alat pelindung diri (APD) seperti masker dan (alat) penunjang lainnya. Kemudian kita membentuk dapur umum di Jabodetabek dengan membagikan makanan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Azis pada saat dialog virtual dengan Junior Doctor Network (JDN) Indonesia terkait perkembangan pandemik Covid-19 di Indonesia, Minggu (17/5).

Satgas Lawan Covid-19 DPR RI dibentuk dengan menggunakan dana yang dikumpulkan bersama-sama dengan Anggota Parlemen lainnya sehingga tidak membebankan keuangan negara.

“Saya sampaikan Satgas lawan Covid-19 ini kita bentuk murni dari dana-dana para Anggota DPR dan juga CSR (Corporate Social Responsibility) yang terkumpul kita tidak menggunakan dana dari negara,” ujar Azis, dalam rilisnya, Minggu (17/5).
 
Ia menilai kesadaran masyarakat Indonesia terutama pada daerah-daerah tertentu terhadap penularan virus Covid-19 sangat rendah. Dibutuhkan kekompakan dan kesinambungan antar pihak, termasuk juga Satgas Lawan Covid-19 DPR RI dengan para dokter terutama yang tergabung di JDN untuk mensosialisasikan dan mempercepat penanganan pandemik tersebut.

“Memang beberapa masyarakat kita kesadarannya masih kurang. Di dapil saya saja masih yang gelar shalat tarawih, namun itu tugas kita untuk bekerja sama antara Satgas Lawan Covid ini dengan para JDN, untuk mensosialisasikan masalah-masalah yang ada agar mempercepat penangannya,” ujar politisi Partai Golkar ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA