Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hindari Penumpukan Penumpang, Pemerintah Sediakan Bus Bagi Penumpang KRL

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 15 Mei 2020, 15:14 WIB
Hindari Penumpukan Penumpang, Pemerintah Sediakan Bus Bagi Penumpang KRL
Penumpang KRL menunggu kereta/Net
rmol news logo Penumpukan penumpang yang memaksakan diri menggunakan KRL sempat terjadi beberapa waktu lalu. Penumpang memaksa masuk meski kapasitas KRL sudah melebihi batas ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kondisi tersebut cenderung terjadi pada Senin pagi dan Jumat sore, di mana jumlah penumpang terlihat menumpuk hanya pada jam-jam tertentu khususnya menjelang buka puasa.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana B. Pramesti meminta masyarakat untuk dapat  menyesuaikan jadwal dan ketentuan yang berlaku jika tetap memanfaatkan KRL dengan pembatasan yang diberlakukan.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak atau beraktivitas terkait dengan kegiatan yang diperbolehkan sesuai PSBB, Polana mengimbau agar dapat memenuhi ketentuan dengan tetap tinggal di rumah (work from home).

“Hal ini tidak terlepas dari semangat diimplementasikannya kebijakan PSBB, yakni membatasi mobilitas masyarakat di luar rumah yang dikhawatirkan berpotensi mempercepat penyebaran Corona Virus Disease-2019 (Covid-19),” jelas Polana melalui keterangan tertulisnya, Jumat (15/5).

Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah akan menyediakan angkutan bus alternatif bagi penumpang KRL. Bus tersebut akan dioperasionalkan jika terjadi kondisi memaksa. Di mana terjadi kepadatan jumlah penumpang KRL  pada waktu tertentu.

Para pengguna KRL dapat memanfaatkan alternatif angkutan dari dan ke Jakarta ini tanpa dipungut biaya. Layanan yang tetap akan mematuhi protokol kesehatan itu disediakan pada Jumat 15 Mei 2020 dan Senin 18 Mei 2020.

Pada Jumat 15 Mei 2020 armada akan diberangkatkan pukul 16.00 hingga 16.30 dengan rute Jakarta hingga Bogor.  Berangkat Stasiun Dukuh Atas Sudirman-Terminal Baranangsiang Bogor (2 unit bus); Stasiun Manggarai-Terminal Baranangsiang Bogor (2 unit bus); Stasiun Tebet-Terminal Baranangsiang Bogor (2 unit bus).

Selanjutnya rute Jakarta–Bekasi berangkat dari Stasiun Dukuh Atas Sudirman–Terminal Bekasi (2 unit bus); Stasiun Manggarai–Terminal Bekasi (2 unit bus).

Untuk hari Senin 18 Mei 2020, jam keberangkatan 05.00 – 06.00, rute hanya Bogor–Jakarta dengan titik keberangkatan dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Dukuh Atas Sudirman Jakarta dengan jumlah armada 5 unit bus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA