Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jangan Salah Pilih, Ini Beda Daging Sapi, Babi Dan Celeng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 13 Mei 2020, 03:54 WIB
Jangan Salah Pilih, Ini Beda Daging Sapi, Babi Dan Celeng
Ilustrasi/Net
rmol news logo Terungkapnya peredaran daging celeng di pasaran di wilayah tetangga Kabupaten Bandung, Jawa Barat, membuat masyarakat resah.

Bukan tanpa alasan, daging merupakan salah satu bahan makanan favorit masyarakat. Terlebih, tidak lama lagi memasuki hari raya Idhul Fitri.

Sebagai daerah terdekat, Kota Bandung pun bergerak cepat. Dinas Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung langsung menyisir pasar untuk memastikan daging serupa tidak beredar.

Dilansir dari Kantor Berita RMOLJabar, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin gin Ginanjar tetap mengimbau agar warga lebih waspada dan teliti.

Imbauan tersebut dia keluarkan sekalipund ari penyisiran itu tidak ditemukan pedagang menjual daging celeng ataupun babi.

Gin Ginanjar juga meminta untuk mengetahui perbedaan daging sapi, babi, dan celeng.

Berikut tips perbedaan daging sapi, babi dan celeng, yakni:

1. Daging Sapi

Dari segi warna, daging sapi memiliki warna merah tua, dengan serat daging kasar dan rapat. Kemudian, tekstur daging sapi relatif lebih kenyal dibanding daging celeng dan babi.

Jadi kalau ditekan oleh jari, nanti daging sapi itu akan kembali lagi. Lalu, lemak daging sapi tebal dan keras dengan bau khas sapi.

2. Daging Babi

Daging babi diketahui memiliki warna fisik berwarna merah pucat dengan serat daging halus dan renggang. Kemudian teksturnya lebih lunak dibanding dengan daging sapi serta lemak daging tebal dan lunak, berbau amis.

3. Daging Celeng

Daging celeng umumnya berwana merah muda, akan sangat kontras bila dibandingkan dengan daging sapi. Serat daging celeng relatif lebih kasar bertekstur lunak dengan lemak daging yang lebih tipis dan dari segi aroma daging celeng lebih amis dan anyir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA