Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada! Jakarta Akan Diguyur Hujan Lebat Dalam Dua Hari Ke Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 12 Mei 2020, 15:49 WIB
Waspada! Jakarta Akan Diguyur Hujan Lebat Dalam Dua Hari Ke Depan
Ilustrasi Hujan Lebat/Net
rmol news logo Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta memberikan peringatan dini untuk warga ibukota untuk beberapa hari ke depan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Melalui akun twitter resminya, BPBD menyatakan bahwa wilayah Jakarta pada tanggal 12  hingga 13 Mei mendatang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir.

"Hal itu disebabkan, daerah tekanan rendah yang merupakan bibit siklon tropis 95W terpantau di Samudera Pasifik Timur Filipina dengan arah pergerakan ke arah barat laut," demikian penjelasan dari BPBD DKI.

Sistem ini memberikan dampak tidak langsung berupa pembentukan daerah belokan angin yang memanjang dari Sulawesi Utara hingga Maluku Utara dan pusat tekanan rendah di laut andaman membentuk pola belokan angin disekitaran pesisir barat Sumatera dari Aceh hingga Sumatera Utara.

Hal tersebut mampu meningkatkan potensi hujan di sepanjang daerah belokan angin dan konvergen tersebut. Daerah sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Lampung yang memberikan dampak tidak langsung pada pembentukan daerah belokan angin di pesisir barat Sumatera bagian barat.

Sehingga menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut yakni di Lampung bagian barat dan Bengkulu.

"Oleh sebab itu diimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para Camat dan lurah daerah rawan banjir dan longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan Satgas Banjir/PKLG DSDA kecamatan. Hubungi 112 apabila membutuhkan bantuan," tutup BPBD DKI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA