Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Walikota Solo Setuju Maestro Didi Kempot Dibuatkan Patung Memorabilia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 11 Mei 2020, 18:00 WIB
Walikota Solo Setuju Maestro Didi Kempot Dibuatkan Patung Memorabilia
Seniman campursari Didi Kempot/Net
rmol news logo Belakangan muncul usulan pembangunan patung memorabilia maestro campursari Didi Kempot usai wafat beberapa waktu lalu. Bahkan sudah muncul petisi online untuk pendirian patung Didi Kempot di Stasiun Balapan Solo.

Menanggapi usulan tersebut, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyambut positif dengan catatan perlu melihat lokasi pendirian patung tersebut. Jika didirikan di lokasi yang asetnya milik Pemkot Solo tidak ada masalah.

Namun jika didirikan di Stasiun Balapan, harus berkoordinasi denah PT KAI demikian juga jika diletakkan di Lokananta harus berkoordinasi dengan pihak yang memiliki kewenangan.

"Untuk pendirian monumen kita setuju mau dipasang di manapun setuju, apalagi dipasang di (tempat) asetnya Pemkot Solo, ndak perlu tunggu lama," ucap FX Hadi Rudyatmo dilansir Kantor Berita RMOLJateng, Senin (11/5).

Rudi, sapaan Walikota, menilai studio Lokananta di Solo adalah lokasi yang tepat untuk mendirikan patung Didi Kempot. Karena di situlah salah satu tempat Didi Kempot rekaman lagu-lagunya yang sampai semua kalangan bisa menikmati karyanya.

Lokasi tersebut pula menjadi tempat mengumpulkan dana untuk Covid-19. Di Lokananta, digelar konser amal Didi Kempot yang mampu menghasilkan donasi mencapai Rp 5 miliar lebih hanya dalam waktu tiga jam. Dan saat waktunya diperpanjang bisa menembus angka Rp 7,6 miliar.

"Enggak ada seniman yang menggalang donasi dalam hitungan jam nominalnya segitu. Apalagi sejalan dengan rencana sebelumnya di Lokananta akan dijadikan museum musik, maka pas jikaomument Didi Kempot ditempatkan di sana," urai Rudi.

Ia mengaku akan meneruskan usulan tersebut kepada Menteri Sosial sebagai penghargaan kepada Didi Kempot yang bukan hanya seorang musisi namun juga memiliki keperdulian yang tinggi pada kondisi bangsa dan negaranya.

"ini yang harus diberikan penghargaan. Bukan penghargaan lokal, namun dari negara memberikan penghargaan kepada almarhum Mas Didi Kempot sebagai seniman yang memiliki kontribusi untuk bangsa dan negara," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA