Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemprov Jatim Gelar Khotmil Quran Kubro Online, 17 Kepala Daerah Ikut Ambil Bagian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 09 Mei 2020, 11:50 WIB
Pemprov Jatim Gelar Khotmil Quran Kubro Online, 17 Kepala Daerah Ikut Ambil Bagian
Khotmil Quran Kubro Online/Net
rmol news logo Pemprov Jawa Timur akan memperingati Nuzulul Quran secara online dengan melakukan Khotmil Quran Kubro 2020 kali, Sabtu malam (9/5) atau bertepatan dengan malam 17 Ramadhan.

Khotmil Quran Kubro tersebut akan digelar secara online pada pukul 20.30 WIB hingga 22.00 WIB di Gedung Negara Grahadi, dengan penceramah utama yaitu Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof. KH. Nasaruddin Umar

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, dalam berbagai riwayat dijelaskan bahwa ayat Al-Quran pertama kali turun di malam 17 Ramadhan.

"Karena tidak bisa dilakukan secara massal dengan kumpulan jamaah karena Covid-19, akhirnya Pemprov menginisiasi dilakukan secara online dengan tetap melibatkan banyak orang," ungkapnya, Sabtu pagi.

Kegiatan Nuzulul Quran online ini akan disiarkan langsung melalui siaran televisi, dan juga streaming melalui media sosial resmi Pemprov Jatim.

Khotmil Quran Kubro dilakukan sebanyak 2020 kali juga akan diikuti oleh Forkopimda Jawa Timur. Masing-masing 4 ribu hafidz hafidzah, dan 17 Bupati/Walikota ikut membaca bergantian pada juz ke-30.

"Artinya akan ada 2020 kali hatam Al-Quran 2.000 dari hafiz hafizah, 20-nya dari OPD," terangnya.

Khataman akan dimulai dari juz 30, dimulai dari surat an-Naba'. Nah, yang sangat spesial, menurut Khofifah, barangkali baru terjadi di negeri ini adalah yang akan membaca surat an-Naba dan seterusnya adalah para Bupati dan Walikota dari 17 daerah.

Ke-17 kepala daerah tersebut adalah, Sumenep, Tuban, Banyuwangi, Jombang, Bangkalan, Bondowoso, Bojonegoro, Pasuruan, Kota Malang, Sidoarjo, Trenggalek, Madiun, Kota Kediri, Lumajang, Pamekasan, Malang, dan Probolinggo.

"Semoga agenda ini membawa keberkahan untuk Indonesia dan Jawa Timur khususnya, sehingga kita semua bisa segera keluar dari situasi sulit dan darurat Covid-19  ini," pungkas Khofifah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA