Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Pemerintah Cegah Penularan Corona, Nasdem Raja Ampat Bagikan Masker Kepada Pengendara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 08 Mei 2020, 10:25 WIB
Bantu Pemerintah Cegah Penularan Corona, Nasdem Raja Ampat Bagikan Masker Kepada Pengendara
Manuel Piter Urbinas (kanan)/Net
rmol news logo Partai Nasdem Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat terus berbagi untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemik Covid-19.

Setelah membagikan sembako, Nasdem Raja Ampat yang dipimpin Manuel Piter Urbinas menggelar kegiatan pembagian masker.

Gegiatan ini dipusatkan di depan Pos Lantas Jl. 30 Kota Waisai. Lokasi ini dipilih dengan pertimbangan bahwa ini merupakan salah satu titik dengan pergerakan lalu lintas orang yang cukup tinggi.

Kamis kemarin (7/5), satu per satu pengendara dihampiri oleh Manuel Urbinas sembari memberikan sosialisasi singkat mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk mencegah meningkatnya penularan Covid-19.

Jelas pria yang juga Wakil Bupati Raja Ampat ini, sesuai pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang diterbitkan Kementerian Kesehatan, virus ini menular dari manusia ke manusia melalui percikan batuk/bersin (droplet), tidak melalui udara. Sehingga penggunaan masker sangat direkomendasikan baik bagi yang sedang mengalami batuk/bersin maupun yang sehat.

Selain juga menerapkan etika batuk/bersin yaitu ketika batuk/bersin menutup mulut dan hidung dengan lengan.

Informasi singkat inilah yang disampaikan Manuel Urbinas kepada masyarakat dalam kesempatan tersebut.

Partai Nasdem menyadari bahwa pemerintah terkhusus Kemenkes tidak akan berhasil memerangi wabah ini tanpa adanya kesadaran secara kolektif oleh masyarakat untuk mencegah penularannya.

Dalam konteks itulah pihaknya bergerak pada hal konkret paling kecil, yaitu memberikan masker kepada masyarakat sambil terus menghimbau untuk menerapkan perilaku hidup bersih seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan menggunakan sanitizer, dan menghindari menyentuh muka sebelum tangan dalam keadaan bersih.

Selain itu, imunitas atau kekebalan tubuh adalah benteng yang kuat untuk melawan virus, sehingga menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang sehat juga sangat direkomendasikan untuk membentuk imunitas.

Pesan moril yang ingin disampaikan adalah bahwa virus yang menyebabkan infeksi penyakit telah ada dan akan terus ada selama manusia hidup di dunia ini, karenanya memerangi wabah harus diartikan sebagai upaya bersama untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Tagline yang diusung oleh Partai Nasdem adalah gerakan perubahan, dalam konteks kesehatan masyarakat gerakan perubahan diarahkan kepada upaya massif dan berkelanjutan demi terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Perilaku hidup bersih dan sehat tidak hanya dilaksanakan dalam ancaman wabah Covid-19 ini, tetapi setelah wabah ini berlalu perilaku hidup bersih dan sehat harus tetap diterapkan demi mencegah infeksi penyakit menular lainnya," terang Manuel Urbinas.

Terakhir, Manuel Urbinas menyampaikan sebuah adagium yang diadposi dari seorang penyair Romawi kuno, "orandum est ut sit men sana in corpore sano" yang artinya kurang lebih marilah kita berdoa semoga di dalam tubuh yang sehat terdapat pula jiwa yang sehat, tubuh dan jiwa yang sehat adalah modal dasar untuk melaksanakan pembangunan daerah demi tercapainya kesejahteraan.

"Marilah kita berdoa agar masyarakat Raja Ampat, Papua Barat, dan seluruh Indonesia segera terbebas dari wabah covid-19 ini," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA