Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Lebaran, BI Solo Siapkan Uang Baru Rp 4,3 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 07 Mei 2020, 05:00 WIB
Sambut Lebaran, BI Solo Siapkan Uang Baru Rp 4,3 Triliun
Ilustrasi uang rupiah/Net
rmol news logo Kantor Pewakilan Bank Indonesia  Solo menyiapkan uang baru untuk Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, sebesar Rp 4,3 triliun.

"Tahun ini jumlahnya meningkat 5 persen dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp 4,177 triliun," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bambang Pramono, Rabu (6/5) seperti dikutip dari Kantor Berita RMOL Jateng.

Untuk memudahkan layanan penukaran uang baru, BI Solo berkoordinasi dengan Perbankan, Perbarindo, Asbisindo, PT Pegadaian dan PT Pos Indonesia.

Mempertimbangkan kondisi pandemik virus corona baru (Covid-19) maka layanan kas keliling dan penukaran uang di ruang publik bersama perbankan ditiadakan.

Namun, layanan penukaran uang kepada masyarakat dan instansi/stakeholders (wholesale) tetap dilakukan oleh perbankan di seluruh Solo Raya termasuk BPR dan BPRS serta Pengadaian dan PT. Pos Indonesia.

"Disiapkan ada 175 titik layanan se Solo Raya, yang siap memberikan layanan penukaran uang baru," imbuhnya.

Pelayanan penukaran sudah mulai tanggal 4 sampai dengan 22 Mei 2020 sesuai jam layanan yang ditetapkan.

Bambang menambahkan, BI melakukan penyediaan uang Hasil Cetak Sempurna (HCS) dan uang layak edar yang higienis untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Dengan melakukan karantina uang Rupiah selama 14 hari sebelum diedarkan, penyemprotan disinfektan pada area perkasan, sarana dan prasarana serta memperhatikan higienitas SDM dan perangkat pengolahan uang.

Namun upaya mencegah perluasan penyebaran Covid-19, BI mengimbau masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara non-tunai melalui digital banking, uang elektronik dan QR Code dengan standar QRIS (QR Code Indonesia Standard).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA