Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diguncang Gempa, Warga Maluku Tenggara Barat Panik Dan Berhamburan Selamatkan Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 06 Mei 2020, 22:48 WIB
Diguncang Gempa, Warga Maluku Tenggara Barat Panik Dan Berhamburan Selamatkan Diri
Ilustrasi gempa/Net
rmol news logo Masyarakat Maluku Tenggara Barat (MTB) merasakan getaran yang kuat saat gempa bermagnitudo 7,3 terjadi pada Rabu malam (6/5) sekitar pukul 22.53 WITA.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gempa dengan kedalaman 133 km berlokasi di Laut Banda atau 180 km barat laut Maluku Tenggara Barat dan 283 km timur laut Maluku Barat Daya.

"BPBD Kabupaten MTB melaporkan, masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah. Mereka merasakan getaran sekitar 3 sampai 5 detik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, laporan dari Pusdalops BNPB pada pukul 23.40 WITA, kondisi di Kabupaten MTB, atau sekarang disebut Kabupaten Kepulauan Tanimbar sudah kondusif.

"Masyarakat yang sempat panik telah kembali ke rumah masing-masing," sambungnya.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten MTB masih melakukan pemantauan ke wilayah kecamatan yang mungkin terdampak.  Berdasarkan parameter peta guncangan atau shakemap, gempa ini memiliki intensitas kekuatan yang diukur melalui MMI atau Modified Mercalli Intensity II hingga IV.

Beberapa wilayah dengan tingkat MMI berbeda sebagai berikut  Waingapu, Kupang, Manokwari pada MMI II, Merauke dan Alor MMI  II-III, Tiakur, Kaimana, Sorong, Tual, Dobo dan Banda MMI III dan Saumlaki III-IV.

Menurut parameter dari BMKG, MMI IV merujuk pada beberapa kondisi, seperti kekuatan gempa dirasakan mereka yang berada di dalam rumah, atau di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA