Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selama Terapkan PSBB, Volume Sampah Di Tangsel Meningkat 10 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 05 Mei 2020, 08:22 WIB
Selama Terapkan PSBB, Volume Sampah Di Tangsel Meningkat 10 Persen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tangerang Selatan, kini telah memasuki periode kedua, sesuai dengan Keputusan Walikota (Kepwal) Tangsel nomor 338/Kep.137-Huk/ 2020 tentang perpanjangan pemberlakuan PSBB dalam rangka penanganan Corona Virus Disease 2019.

Namun, sejak PSBB diberlakukan, volume sampah di Tangsel justru meningkat 10 persen. Sampah rumah tangga atau perumahan menjadi penyumbang kenaikan tersebut.

"Peningkatan sampah memang ada (terjadi) 10 persen. Kalau di restoran dan perhotelan berkurang karena tutup selama PSBB. Sedangkan untuk di pasar itu stabil," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangsel, Toto Sudarto, di Balai Kota Tangsel, Senin (4/5).

Masih di tempat yang sama, Kepala Seksie (Kasie) Pengelolaan Sampah DLH Tangsel, Rastra Yudhatama, menyebut sampah yang berasal dari perumahan saat PSBB berlangsung bisa mencapai 80 ton perhari.

"Sebelum PSBB biasanya hampir 50 sampai 70 ton sehari. Kalau sekarang berarti itu sampai hampir 80 ton," tutur Yudha, dikutip Kantor Berita RMOLBanten.

Yudha menjelaskan, adanya peningkatan volume sampah di Tangsel disebabkan banyaknya keluarga yang berdiam di rumah mengikuti anjuran pemerintah.

"Jadi dipastikan itu naik 10 persen, karena kebanyakan ibu rumah tangga masak di rumah dan tidak ada kegiatan keluar rumah," ucapnya.

Meski begitu, Yudha mengaku sampah-sampah liar yang berada di Tangsel seperti di bawah fly over Ciputat dan Pondok Aren berkurang.

"Sampah liar terutama yang ada di pinggir jalan, itu berkurang 30 sampai 40 persen, seperti di bawah fly over Ciputat dan Jalan Kesehatan, Pondok Aren. Karena yang buang itu sumbernya dari pendatang yang mengontrak, dan sekarang sudah pulang kampung sebelum PSBB berlaku," ungkap Yudha.

Sementara itu, untuk sampah yang berada di pasar tradisional masih dalam kondisi stabil.

"Yakni sekitar dua bak amrol tiap harinya. Untuk perhotelan dan restoran itu berkurang," tutupnya. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA