Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringati Hardiknas, Pemprov Jatim Luncurkan Game Edukasi Pencegahan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 02 Mei 2020, 14:45 WIB
Peringati Hardiknas, Pemprov Jatim Luncurkan Game Edukasi Pencegahan Covid-19
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan permainan edukasi berjudul "Dawn of Civilization: Solve Corona" bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (2/5).

Dengan permainan ini diharapkan siswa sekolah dapat memahami seluk beluk Covid-19, namun dengan cara yang lebih menyenangkan.

Permainan tersebut merupakan hasil kolaborasi Pemprov Jatim bersama para relawan pelajar Indonesia di luar negeri yang tergabung dalam Nusantara Innovation Forum yang berpusat di Inggris dan Solve Education yang berpusat di Singapura.

Berbeda dari permainan kebanyakan, permainan ini mengajak para pemainnya untuk belajar tentang Covid-19 secara interaktif, menangkal hoax, dan gotong royong membantu masyarakat dan tenaga medis dari rumah.

Tidak cuma itu, perolehan skor pemain nantinya akan dikonversi menjadi sembako atau alat pelindung diri (APD), yang selanjutnya disumbangkan menjadi shodaqoh kepada keluarga dan tenaga medis yang membutuhkan.

"Jadi, semakin besar skor yang diperoleh, semakin banyak sumbangan
yang akan didistribusikan," ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (2/5).

Khofifah mengatakan, permainan tersebut memang dirancang untuk siswa sekolah. Namun, masih bisa untuk dimainkan oleh orang dewasa.

Ketua Umum PP Muslimat NU ini, berharap kemunculan permainan ini mampu mengurangi rasa bosan siswa sekolah selama masa belajar di rumah.

Apalagi, lanjutnya, berdasarkan survey yang digelar Student Research Center PW IPNU Jatim didapati fakta bahwa sebanyak 88 persen siswa mengalami kebosanan selama di rumah akibat Covid-19.

"Di masa PSBB ini, tentunya game ini akan membantu siswa untuk belajar dengan lebih menyenangkan dan terbebas dari kebosanan. Siswa dapat belajar memahami pandemik Covid-19, menangkal penyebaran hoax, maupun belajar Bahasa Inggris sambil tetap berada di rumah," jelasnya.

"Game ini juga tidak menguras kuota internet karena bisa dimainkan secara offline. Justru dengan bermain game ini, siswa juga terbantu karena berkesempatan memenangkan pulsa," dia menambahkan.

Khofifah mengatakan, permainan tersebut tersedia dalam versi windows maupun versi Android.

Siswa dan masyarakat dapat mengunduhnya melalui sub menu Game Edukasi Covid-19 di website Pemprov Jatim http://infocovid19.jatimprov.go.id atau melalui Google Playstore dengan kata kunci Dawn of Civilization. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA