Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kerap Ditanya Kapan Pandemik Covid-19 Berakhir, Anies: Saya Tidak Pernah Memprediksi

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 29 April 2020, 12:26 WIB
Kerap Ditanya Kapan Pandemik Covid-19 Berakhir, Anies: Saya Tidak Pernah Memprediksi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku kerap ditanya soal kapan pandemik virus corona baru (Covid-19) yang tengah mewabah berakhir. Anies pun menjawab tidak tahu sebab dirinya enggan memberikan prediksi.

"Jadi kita harus sampaikan apa yang kita tahu dan tidak tahu. Tapi saya tidak pernah membuat prediksi kapan ini selesai," ujarnya di acara ILC, Selasa malam (28/4).

Menurut Anies, pertanyaan tersebut seharusnya ditujukan dan dijawab oleh ahli epidemiologi. Hal itu lantaran para ahli yang biasa membuat model pola penularan dan prediksi.

"Kita tanyakan kepada ahlinya. Para ahli pun memiliki pandangan yang bervariasi," jelas Anies.

Kendati begitu, Anies memastikan bahwa tugasnya adalah menyiapkan semua kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi.

"Dan semua kemungkinan itu artinya  pencegahannya, bila terpapar maka menyiapkan fasilitas kesehatannya," lanjut mantan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Dirinya pun menggaris bawahi kepada semua jajarannya untuk tidak mengendorkan semangat. Hal itu dikarenakan perjuangan melawan Covid-19 belum selesai.

"Kita belum tahu apakah yang disebut perlambatan penambahan itu adalah fenomena jangka pendek hanya beberapa hari lalu kemudian naik lagi atau setelah beberapa hari lalu merata dan kemudian turun kita belum tahu," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA