Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terdampak Pendemik Corona, Ratusan Satwa Di Medan Zoo Terancam Kelaparan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 27 April 2020, 09:33 WIB
Terdampak Pendemik Corona, Ratusan Satwa Di Medan Zoo Terancam Kelaparan
Ratusan satwa di Medan Zoo terancam kelaparan jika tak kunjung mendapat suntikan dana/Net
rmol news logo Ratusan koleksi satwa di Medan Zoo terancam kelaparan seiring ditutupnya taman marga satwa yang terletak di Jalan Bungai Ramai IV, Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan tersebut akibat pandemik Covid-19. Pasalnya, dana perawatan dan makanan mereka dalam kondisi krisis.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Pemkot Medan, Putrama Alhairi mengatakan, selama ini biaya yang mereka gunakan untuk merawat dan menyediakan makanan satwa berasal dari retribusi tiket masuk pengunjung. Dengan ditutupnya operasional Medan Zoo, otomatis dana tersebut juga berhenti. Apalagi Medan Zoo juga ternyata tidak mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Kota Medan.

“Hampir sekitar Rp 90 juta per bulan yang kita keluarkan untuk pakan satwa,” katanya kepada wartawan, Minggu (26/4).

Medan Zoo berada di atas lahan seluas sekitar 30 hektare, memiliki 270 ekor koleksi satwa. Termasuk 14 ekor Harimau, dua individu Orangutan, serta satu ekor Gajah.

Selain itu, Medan Zoo juga memiliki 2 dokter hewan dan 17 orang perawat. Sebagian dari pejabat struktural serta pekerja lainnya kini dirumahkan.

“Namun tidak ada yang di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja),” ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Meski dalam kondisi keuangan yang sedang kritis, lanjut Putrama, hingga saat ini memang belum ada satwa yang mati kelaparan. Salah satu cara yang diupayakan sejak ditutup mulai pertengahan Maret 2020, adalah dengan mengumpulkan donasi termasuk melalui internet dengan program Koin Penyelamatan Satwa.

Usaha ini sedikit membantu dan hingga saat ini tidak ada satwa yang mati kelaparan. Namun ia mengaku belum mengetahui kelanjutan dari kondisi ini jika pandemik Covid-19 masih lama berakhirnya.

“Semua satwa di sana masih baik-baik saja, hanya perlu dana. Kita tidak tahu sampai kapan Covid-19 ini akan berakhir,” ujarnya.

Mengenai kondisi yang dihadapi pihaknya saat ini, kata Putrama, manajemen Medan Zoo telah berkoordinasi dengan Pemkot Medan untuk membicarakan regulasi khusus selama masa krisis.

“Dari Pemkot masih diusahakan regulasinya dan beberapa kali pertemuan masih belum ada. Masih koordinasi,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA