Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Meski Mudik Dilarang, Jalan Trans Nasional Dan Jalan Tol Tetap Beroperasi, Untuk Apa?

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 23 April 2020, 17:16 WIB
Meski Mudik Dilarang, Jalan Trans Nasional Dan Jalan Tol Tetap Beroperasi, Untuk Apa?
Jalan tol/Net
Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menegaskan pelarangan mudik untuk Idul Fitri 1441 Hijriyah. Meski begitu, akses Jalan Trans Nasional dan Jalan Tol tetap beroperasi.

"Juga perlu kami tegaskan bahwa tidak ada penutupan jalan nasional maupun jalan tol," ujar Jurubicara Kemenhub, Adita Irawati dalam jumpa pers virtual, yang diselenggarakan dari Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (23/4).

Adita Irawati juga memastikan, akses jalan trans nasional dan jalan tol hanya boleh digunakan transportasi angkutan logistik. Katanya, aturan ini mesti dilakukan demi terpenuhinya kebutuhan logistik untuk penanganan Covid-19.

"Yang dilakukan adalah pendekatan atau pembatasan kendaraan yang diizinkan melintas atau tidak. Hal ini ditujukan untuk menjamin kelancaran angkutan logistik yang dibutuhkan ketersediaannya oleh seluruh lapisan masyarakat," pungkasnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga telah mengeluarkan larangan kepada masyarakat untuk tidak mudik untuk peryaaan Lebaran tahun 2020.

Adapun dasar pemberlakuan ini adalah untuk mencegah potensi penyebaran dan penularan wabah Covid-19.

ARTIKEL LAINNYA