Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Pandemik, Pemerintah Pastikan Stok Beras Mencukupi Jelang Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Rabu, 22 April 2020, 07:57 WIB
Di Tengah Pandemik, Pemerintah Pastikan Stok Beras Mencukupi Jelang Lebaran
Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan bahwa untuk beras dalam tiga bulan ke depan ini sedang panen raya, sehingga harapannya stok beras menjelang hari lebaran nanti mencukupi dan secara keseluruhan bahan pangan tersedia.

"Demikian pula dengan jagung juga stoknya tercukupi. Kemudian bawang merah kita menjelang panen di berbagai daerah, mulai dari Brebes dan daerah lain di Agam dan yang lain," ujar Airlangga saat memberikan keterangan pers, Selasa (21/4).

Untuk bawang putih, pemerintah sudah memberikan perizinan untuk masuk barang impor dan ini akan masuk dalam jumlah yang cukup menjelang lebaran.

"Demikian pula dengan cabai merah, cabai rawit. Kemudian daging sapi, daging ayam, gula pasir. Gula pasir pun akan ada masuk di bulan Mei ke depan," imbuh ketua umum Partai Golkar ini.

Kalau dari segi harga seperti dilansir dari laman Setkab, Airlangga menegaskan tidak mengalami banyak perubahan.

"Jadi harga beras medium masih sekitar Rp 12.000, premium Rp 12.750. Ini harga di pasar-pasar basah di 34 provinsi. Gula pasir Rp 18.400 dan di pasar ritel modern itu sekitar Rp12.500," ujarnya.

Menurutnya, daging sapi tapi sempat mengalami penurunan Rp 117.800, cabai rawit Rp 39.600, cabai merah Rp 31.200, bawang merah Rp 43.750, bawang putih Rp 41.500.

"Minyak goreng curah akibat CPO turun ini juga mengalami penurunan, Rp 12.450, minyak goreng kemasan Rp 14.700. Daging ayam Rp 28.450 dan telur ayam ras," tuturnya.

Adapun tingkat inflasi, menurut Airlangga, disumbang terutama ada kenaikan gula sebesar 0,02 persen, telur ayam 0,03 persen, dan bawang merah 0,01 persen.

"Kemudian kalau Januari, Februari, September, Oktober nah tentunya dibandingkan dengan yang lain beras memberikan andil inflasi. Secara keseluruhan bahan makanan relatif tersedia dan tentunya Bapak Presiden meminta agar cadangan beras pemerintah untuk diamankan," demikian Airlangga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA