Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Warga Jagakarsa, Ketum PBNU Minta Takbir Keliling Ramadan Ditiadakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Sabtu, 18 April 2020, 15:32 WIB
Bantu Warga Jagakarsa, Ketum PBNU Minta Takbir Keliling Ramadan Ditiadakan
Said Aqil Siroj pantau rapid test/Net
rmol news logo Ikhtiar pencegahan dan penanganan wabah virus corona baru (Covid-19) terus dilakukan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Satgas NU Peduli Cegah Covid-19.

Sabtu pagi (18/4), Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siroj bersama Satgas NU Peduli membagikan hand sanitizer kepada para pengguna jalan dan menyalurkan sembako untuk masyarakat di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Selain itu, Satgas NU Peduli juga melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah tersebut serta memberikan fasilitas kepada masyarakat setempat untuk melakukan rapid test di kediaman Kiai Said, Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa.

Kiai Said menuturkan bahwa apa yang dilakukan oleh NU adalah bentuk kepedulian kepada masyarakat di tengah pagebluk corona.

"Tim Satgas NU Peduli Cegah Covid-19 dari PBNU, berusaha melakukan pencegahan dan penanganan corona. PBNU melalui Satgas sudah melakukannya di 58 ribu titik di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan ini merupakan langkah yang positif, ikhtiar atau usaha yang maksimal, dengan harapan Allah mengangkat wabah virus corona," ujar pengasuh Pondok Pesantren Al-Tsaqafah, Ciganjur, tersebut di kediamannya.

"Mari memohon kepada Allah agar corona diangkat di bulan suci Ramadhan dan kita bisa menjalani ibadah tarawih, tadarus, puasa satu bulan dengan khusyuk dan hudhur," harapnya.

Pandemik Covid-19, kata Kiai Said, mudah-mudahan selesai. Jika belum selesai, lanjutnya, tetap harus ikhtiar dengan mengikuti imbauan pemerintah dan juga PBNU.

"Takbir keliling tidak usah. Yang dari Jakarta tidak usah mudik, demi menjaga keselamatan. PBNU pun menghimbau agar shalat Tarawih di rumah masing-masing. Tidak mengurangi pahala, karena sama-sama ibadah. Ikhtiar menjaga kesehatan dan keselamatan juga perintah Allah," ucapnya.

Usai menyampaikan sambutannya, Kiai Said menyerahkan bantuan sembako secara simbolik kepada warga setempat.

Wakil Camat Jagakarsa, Ahmad Gozali, menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 oleh PBNU.

"Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada ketum PBNU, yang pada hari ini di kediaman beliau dilakukan pencegahan dan penanganan Covid-19. Ada ratusan warga di Kelurahan Ciganjur dan Cipedak yang menerima bantuan," ucap Gozali.

Menurutnya, selain warga secara umum, terdapat juga para marbot yang menerima bantuan.

"Pembagian sembako sangat bermanfaat untuk masyarakat. Dampak sosial ekonomi dirasakan betul oleh masyarakat. Semuanya terdampak. Pemberian sembako dari PBNU sangat bermanfaat. Sekali lagi terima kasih," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Polres Jakarta Selatan yang hadir pada kesempatan itu, mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan bentuk dari membangun empati dan ikatan sosial antar-masyarakat.

"Kami sangat apresiasi. Ini membangun empati masyarakat, dan setiap warga masyarakat saling membantu. Ada social bonding," jelas Wakapolres Jakarta Selatan, AKBP Choiron El Atiq.

Pada kesempatan itu hadir pula Ketua PBNU Bidang Kesehatan yang juga Pembina Satgas NU Peduli Cegah Covid-19, dr Syahrizal Syarif, serta jajaran tim Satgas NU Peduli dari LPBINU, LKNU, dan NU Care-LAZISNU. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA