Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dibantu BUMN, Lampung Segera Bisa Tes Swab Covid19 Secara Mandiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Jumat, 17 April 2020, 03:50 WIB
Dibantu BUMN, Lampung Segera Bisa Tes Swab Covid19 Secara Mandiri
Ilustrasi/Net
rmol news logo . Provinsi Lampung akan menerima bantuan alat tes covid-19 yaitu alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Kementerian BUMN. Untuk itu, Pemprov Lampung kini tengah menyiapkan Lab Kesehatan Daerah (Labkesda).

“Kami dalam tahap penyiapan Labkesda sebelum menerima PCR dari Kementerian BUMN, kami juga beberapa kali melakukan video conference dengan Perta Medika untuk persiapan ini,” kata kata Kadis Kesehatan Lampung, Reihana, dilansir Kantor Berita RMOL Lampung., Kamis (16/4).
Reihana mengatakan, setelah alat ini sampai, Lampung tidak perlu lagi mengecek swab suspek covid-19 di Laboratorium Palembang atau Jakarta.

Selain menyiapkan Labkesda, syarat untuk menerima PCR adalah Pemprov harus memastikan dapat mengurangi risiko penularan terhadap analis yang bertugas. Salah satunya dengan menyiapkan ruangan dengan tekanan negatif untuk memutus penularan virus.

Dinkes juga menyiapkan empat orang analis dan satu orang dokter patologi klinik sebagai pennaggung jawab Labkesda.

“Kami siapkan dokter yang memang ahli dalam biomed, Insyallah dalam waktu dekat setelah labkesda siap, PCR tiba, Lapkesda kita siap untuk melakukan PCR masyarakat Lampung,” ujarnya.

Namun, ia melanjutkan, tes swab tetap dilakukan dengan jumlah pasien tertentu, diutamakan pasien PDP agar diagnosanya akurat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA