Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pekerja Sektor Pariwisata Raja Ampat Diimbau Manfaatkan Program Kartu Prakerja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Kamis, 16 April 2020, 12:45 WIB
Pekerja Sektor Pariwisata Raja Ampat Diimbau Manfaatkan Program Kartu Prakerja
Manuel Piter Urbinas/Net
rmol news logo Kartu Prakerja adalah satu dari beberapa program yang diluncurkan Presiden Joko Widodo sebagai jaring pengaman sosial bagi kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemik Covid-19.

Awalnya program ini diperuntukkan bagi angkatan kerja yang tidak sedang mengenyam pendidikan formal dengan memberikan fasilitas bantuan biaya pelatihan, namun merebaknya wabah Covid-19 membuat pemerintah memperlebar jangkauan program ini kepada kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi oleh covid-19.

Wakil Bupati Raja Ampat, Manuel Piter Urbinas, mengatakan, Kabupaten Raja Ampat sebagai salah satu destinasi wisata, merasakan betul dampak dari wabah ini.

Pariwisata beserta bisnis turunannya, seperti penyedia akomodasi wisata, hotel, resort, penginapan, homestay, sampai penyedia jasa kapal pesiar mengalami penurunan income yang jika terus berlanjut akan mengancam kelangsungan usaha dan sudah barang tentu masyarakat yang bekerja pada sektor ini akan kehilangan pekerjaan.

Dari 117 kampung yang ada di Raja Ampat, 24 diantarnya adalah kampung wisata. Tahun 2019, berdasarkan data dari dinas pariwisata, tercatat 46.375 orang berwisata di Raja Ampat terdiri dari 20.090 wisatawan mancanegara dan 22.285 wisatawan domestik.

Untuk usaha penyediaan akomodasi terdapat 25 resort, 4 hotel, 24 penginapan, dan 200 homestay. Sedangkan untuk jasa kapal pesiar yang melayani wisatawan berkeliling pulau-pulau tercatat 69 kapal pesiar, baik yang dimiliki oleh pengusaha dalam negeri maupun yang beroperasi dengan skema PMA (penanaman modal asing).

Jelas Urbinas, larangan bepergian yang dikeluarkan oleh negara-negara asal wisatawan tentu akan mengurangi tingkat hunian hotel dan fasilitas akomodasi lainnya. Olehnya itu, bagi karyawan hotel, penginapan maupun anak buah kapal pada kapal-kapal pesiar dapat memanfaatkan program Kartu Prakerja.

"Program ini seluruhnya dilakukan jarak jauh dan dalam jaringan (daring) sehingga tidak perlu keluar dari Kabupaten Raja Ampat, sangat membantu jika dimanfaatkan dengan baik," terang dia, Kamis (16/4).

Insentif yang diberikan sebesar Rp 3,5 juta, dibagi menjadi tiga tahap. Pertama Rp 1 juta untuk bantuan biaya pelatihan, kemudian masing-masing Rp 600 ribu selama empat kali setelah pelatihan dan terakhir insentif Rp. 150 ribu.

Pendaftar cukup menyediakan KTP dan mendaftarkan diri secara online pada laman www.prakerja.go.id kemudian mengikuti petunjuk yang diberikan.

Urbinas mengimbau kepada masyarakat terutama yang bekerja pada sektor pariwisata untuk memanfaatkan program pemerintah ini. Program Kartu Prakerja adalah bentuk keseriusan pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

"Bagi yang berusia 18 tahun ke atas bisa segera langsung mendaftar hari Senin sampai dengan Kamis setiap minggunya. Sembari kita berdoa supaya wabah cepat berlalu dan keadaan kembali seperti sediakala, masyarakat tidak boleh pesimis, yakinlah bahwa kita lebih kuat dan akan menang melawan virus ini," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA