Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemkot Tangerang Pakai ATM Beras Bantu Kebutuhan Pokok Warga Terdampak Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 13 April 2020, 14:00 WIB
Pemkot Tangerang Pakai ATM Beras Bantu Kebutuhan Pokok Warga Terdampak Covid-19
ATM beras di Kota Tangerang/Net
rmol news logo Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengoptimalkan ATM Beras yang ada di 119 masjid untuk membantu masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19.

Hal itu untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat selama wabah Covid-19. Diantaranya melalui program bantuan beras 5 Kg, program bantuan beras 100 kg untuk setiap RW, dan juga program bantuan uang uunai Rp 600 ribu/bulan untuk warga kurang mampu terdampak Covid-19.

Program ATM Beras ini, berkat kerjasama Pemkot Tangerang dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang.

Khusus untuk penanganan Covid-19 ini, Baznas menggelontorkan uang senilai Rp 750 juta untuk pembelian beras yang akan dibagikan ke masyarakat terdampak Covid-19 secara ekonomi.

Ketua Baznas Kota Tangerang, Aslie Elhusyairy menjelaskan, beras yang dibeli akan disalurkan oleh Baznas kepada masyarakat atau jamaah masjid melalui ATM beras yang ada di masjid-masjid Kota Tangerang.

Untuk masyarakat yang berhak menerima yakni keluarga miskin terdampak yang sudah didata Dinsos dan data warga terdampak yang dilaporkan gugus tugas Kampung Siaga Corona melalui aplikasi Sigacor.

"Pemberian bantuan disalurkan melalui program ATM beras di 119 Masjid se-Kota Tangerang dan lumbung pangan warga di Kampung Siaga Covid yang ada di setiap RW,” ungkap Aslie, dilansir dari Kantor Berita RMOLBanten, Senin (13/4).

Seluruh petugas masjid telah dihimbau untuk bersiap dan menyalurkan beras yang akan segera didistribusikan. Pembagian beras tersebut memprioritaskan warga yang betul-betul terdampak dan kurang mampu.

"Sementara 5 kg per KK, akan dikaji lagi kebutuhan per KK, beras itu nanti dibagikan oleh UPZ Masjid dengan berkoordinasi kepada satgas kampung siaga corona dengan menerapkan social dan physical distancing. Kami menghimbau UPZ mengantarkan ke rumah-rumah masing warga,” jelasnya.

Secara mandiri pihaknya juga telah menyalurkan bantuan kepada warga miskin yang terdampak dengan bantuan paket logistik sembako, bantuan langsung tunai serta pembagian makanan gratis untuk pekerja informasi.

Dibagikan juga masker, hand sanitizer serta penyediaan fasilitas cuci tangan di sejumlah titik di Kota Tangerang.

"Tentu kami berharap, dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang betul-betul terkena dampak pandemi Covid-19 ini,” demikian Aslie. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA