Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantuan Masyarakat Terus Mengalir, Rekening Gugus Tugas Covid-19 Sudah Terisi Rp 193 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 09 April 2020, 21:45 WIB
Bantuan Masyarakat Terus Mengalir, Rekening Gugus Tugas Covid-19 Sudah Terisi Rp 193 Miliar
Jubir penanganan Covid-19 Achmad Yurianto/Ist
rmol news logo Bantuan berupa dana untuk penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih terus berdatangan dari seluruh masyarakat Indonesia.

Buktinya pada Kamis (9/4) hari ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah menerima Rp 193 miliar sejak hari pertama pembukaan rekening.

Hal ini disampaikan Jurubicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Matraman Jakarta Timur, Kamis (9/4).

"Ini donasi dari semua kelompok masyarakat, bahkan dari seluruh dunia yang menunjukkan bahwa kita serius. Pemerintah, masyarakat dunia usaha serius di dalam menangani Covid-19 ini," ujar Achmad Yurianto.

Dari sumbangan itu, Yurianto memastikan penggunaannya dialokasikan untuk sejumlah hal terkait pencegahan penyebaran Covid-19, serta untuk menyokong berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Beberapa kebijakan dan atau program penanganan Covid-19 oleh pemerintah antara lain, langkah perlindungan sosial dan stimulus ekonomi, yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo dengan nilai lebih dari Rp 405 triliun.

Perlindungan sosial itu, kata Achmad Yurianto, sudah disiapkan untuk meringankan beban masyarakat Indonesia yang terdampak secara langsung maupun tidak langsung dari virus corona jenis baru ini. Penyaluran yang akan dilakukan nantinya ialah menyasar rumah tangga yang membutuhkan.

Kendati demikian, Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ini mengimbau, agar masyarakat ikut membantu pemerintah dengan cara displin menerapakan social distancing dan physical distancing.

"Upaya pemerintah yang dilakukan tentunya akan sangat tergantung dari kepatuhan kita, kepatuhan masyarakat sebagai ujung tombak dari penghentian rantai penularan Covid-19 ini," harap Achmad Yurianto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA