Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jateng Terapkan Zakat Maal Dan Zakat Fitrah Agar Bisa Dibayarkan Di Awal Ramadhan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 08 April 2020, 13:20 WIB
Jateng Terapkan Zakat Maal Dan Zakat Fitrah Agar Bisa Dibayarkan Di Awal Ramadhan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menerapkan pembayaran zakat fitrah dan zakat maal di awal bulan Ramadan 1441 Hijriah, menyusul pandemi virus corona (Covid-19).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penerapan ini telah disepakati bersama dengan perwakilan ulama dan ormas Islam se-Jawa Tengah.

Keputusan tersebut diambil setelah Pemprov Jateng melakukan rapat koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah menyikapi surat edaran Kementerian Agama tentang kegiatan Ramadan dan Idul Fitri selama pandemi virus.

"Tadi kami bersepakat, berkaitan dengan zakat akan dibayarkan begitu masuk di bulan Ramadan, begitu masuk Ramadan langsung. Akan kami dorong semuanya untuk penanganan Covid-19 sehingga ini bisa membantu kondisi masyarakat yang sulit," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam situs resmi Pemprov Jateng, Rabu (8/4).

"Nanti insyaallah yang beragama Islam akan kami buatkan surat edaran agar zakat fitrah dan zakat maal bisa (bayar) di depan," kata Ganjar.

Selain zakat di awal bulan Ramadan, Pemprov Jateng dan para ulama juga menyepakati adanya pembacaan ayat suci Al Quran di masjid-masjid. Itu dilakukan secara berkelanjutan setiap menjelang salat lima waktu dan dibacakan langsung bukan dengan memutar rekaman.

Mengenai shalat tarawih dan salat Idul Fitri akan disosialisasikan melihat perkembangan yang ada terkait virus corona. Namun, untuk tadarus Pemrov masih memberikan kelonggaran agar bisa dilaksanakan.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi menerbitkan Surat Edaran terkait Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di tengah pandemi virus corona.

Diterangkan dalam surat edaran mengenai zakat bagi umat Islam yang dimajukan sebelum Ramadan tahun ini. Zakat yang bisa dibayar di awal adalah zakat mal. Sementara zakat fitrah berdasarkan ketentuan waktu pembayarannya yakni satu sampai dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri

Salah satu poin surat edaran itu meminta pelaksanaan Salat Tarawih tak di masjid, melainkan di rumah masing-masing bersama keluarga inti. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA