Berkeliling Desa Dengan Motor, Ganjar Pranowo Pantau Persiapan Lokasi Karantina

Ganjar Pranowo Saat Kunjungi 2 TKI Yang Sedang Jalani Isolasi/Net

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengisi hari Minggunya dengan berkendara sepeda motor berkeliling ke desa-desa di Jawa Tengah. Ganjar ingin memastikan kesiapan lokasi karantina para pemudik.

Desa pertama yang ia kunjungi adalah Desa Trisobo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Desa Trisobo telah menyiapkan dua ruangan untuk karantina pemudik, masing-masing di gedung PKD dan di Balai Desa.

Pejabat Kepala Desa Trisobo, Suwondo, mengatakan saat ini ada 10 pemudik yang baru datang dan lansung diperiksa kesehatannya.

"Saat ini sudah ada 10 orang. Setelah dicek dan dinyatakan sehat, kesepuluh warga itu dipulangkan dan menjalani isolasi mandiri di rumah," kata Suwondo, Minggu (5/4).

Desa berikutnya yang dikunjungi Ganjar adalah Desa Jungsemi, Kabupaten Kendal, untuk mengecek kesiapan puskesmas serta ruang isolasi. Ganjar juga menyempatkan menengok dua tenaga kerja Indonesia (TKI) yang baru saja pulang dari Malaysia, dan keduanya sedang menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

“Ngobrol bersama 2 TKI yang 2 hari lalu tiba dari Malaysia. Mereka sekarang mengisolasi diri dijaga bidan dan dari Puskesmas bersama kades di Kendal. Semoga mereka sehat dan semangat,” tulis Ganjar dalam cuitannya di akun Twitternya, Minggu (5/4).

Ganjar kemudian mengunjungi dua desa berikutnya, yaitu Desa Ngadirejo dan Desa Pacet yang ada di Kabupaten Batang. Di dua desa itu sudah disiapkan tempat karantina bagi para pemudik. Tercatat ada 14 pemudik yang baru tiba dan sedang dikarantina.

Kepala Desa Pacet, Dendy Hermawan, mengatakan sebenarnya ada 30 pemudik yang datang dan langsung dilakukan pengecekan. Dari 30 pemudik itu, kini bersisa 14 yang masih harus menjalani proses isolasi.

"Total sudah ada 30 orang yang mudik di desa ini. Begitu pulang langsung kami isolasi, kami menyiapkan tiga tempat, yakni di gedung PKD dan dua rumah warga. Yang sekarang masih diisolasi ada 14 orang dan semuanya sehat," ujar Dendy Hermawan.

14 pemudik itu adalah tukang batu yang bekerja di proyek gedung di Jakarta.  Dalam akun Twitternya, Ganjar menyebutkan 14 pemudik itu dalam keadaan sehat dan menjalankan karantina dengan semangat.

“Mereka 14 orang tukang batu yg ada di salah satu desa di Batang yang sudah mengisolasi diri di tempat khusus yg disediakan Kades. Sebelumnya mereka kerja proyek gedung di Jakarta. Mereka sudah 7 hari di sana, sangat bersemangat  dan terlihat bugar. Tiap pagi main bola,” cuit Ganjar.

Ganjar senang kegiatan berkeliling untuk mengecek persiapan desa dalam menyambut para pemudik ini mendapatkan hasil yang memuaskan. Kebanyakan desa telah siap dengan lokasi karantina masing-masing.

"Beberapa desa yang saya cek tadi, semuanya sudah siap dengan tempat karantina masing-masing. Pintu masuk desa-desa juga sudah dijaga oleh petugas," kata Ganjar.

Tidak perlu membangun gedung baru. Tiap Kepala Desa di Jateng bisa menggunakan gedung yang ada, seperti sekolah, balai desa, untuk dijadikan tempat karantina. Jika ada warga yang memiliki tempat tinggal lain dan tidak keberatan dijadikan lokasi karantina, juga bisa dimanfaatkan.

"Saya juga titip pesan kepada seluruh Kades untuk memantau betul mereka-mereka yang mudik. Dan yang belum mudik, kami berharap keluarganya melarang mereka untuk mudik. Kalau tetap mudik, akan kami karantina selama 14 hari," ujar Ganjar.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Viral Tenaga Medis Keluar Dengan APD Lengkap Sambil Teriak "Kami Capek, Kami Capek"

Jumat, 22 Mei 2020
Video

Habib Umar Assegaf dan Satpol PP Asmadi Saling Memaafkan

Sabtu, 23 Mei 2020
Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Pesawat Pakistan di Pemukiman Padat Penduduk

Sabtu, 23 Mei 2020

Artikel Lainnya

Lulus Jadi Prajurit TNI AD, Cita-Cita Yusuf Rony Kabarjay Akhirnya Tercapai
Nusantara

Lulus Jadi Prajurit TNI AD, ..

26 Mei 2020 00:43
Kecewa Namanya Dicatut Dalam Pesan Provokatif, Aa Gym: Mudah-mudahan Tidak Terulang Lagi
Nusantara

Kecewa Namanya Dicatut Dalam..

25 Mei 2020 23:40
Densus 88 Amankan Satu Penghuni Kost Di Solo
Nusantara

Densus 88 Amankan Satu Pengh..

25 Mei 2020 23:14
Namanya Dicatut Dalam Pesan Berantai Provokatif, Aa Gym: Berita Dusta Dengan Mendompleng Orang Lain
Nusantara

Namanya Dicatut Dalam Pesan ..

25 Mei 2020 23:04
Surabaya Raya Sepakat Berlakukan PSBB Tahap Tiga
Nusantara

Surabaya Raya Sepakat Berlak..

25 Mei 2020 22:04
Meski Kasus Turun, Anies: Jangan Lengah, Tetap Waspadai Arus Balik
Nusantara

Meski Kasus Turun, Anies: Ja..

25 Mei 2020 19:34
Kejaksaan Agung Diminta Optimalisasi Pengawasan Dana Penanganan Pandemik Covid-19
Nusantara

Kejaksaan Agung Diminta Opti..

25 Mei 2020 19:26
Sudah Ada 5.247 Permohonan Surat Izin Keluar Masuk DKI Jakarta, Begini Mekanismenya
Nusantara

Sudah Ada 5.247 Permohonan S..

25 Mei 2020 19:22