Sinergi Dengan PMI, Gubernur Khofifah Siapkan Strategi Pemenuhan Stok Darah Dan Pengurusan Jenazah Pasien Covid-19 Jatim

Khofifah Indar Parawansa/Net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur membangun sinergi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jatim untuk menyiagakan mobil transfusi darah di sejumlah kantor pemerintah, BUMN dan BUMD secara bergiliran.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebutkan kerjasama dilakukan untuk memenuhi stok darah yang sempat menurun sejak Covid-19 merebak.

Penurunan stok darah dikarenakan sebagian besar pendonor tinggal di rumah. Sehingga, donor di unit tranfusi darah menjadi berkurang.

"Keberadaan mobil donor darah milik PMI tersebut diharapkan bisa menambah  menjangkauannya agar para pendonor darah di Jatim bisa tetap mendonorkan darahnya di saat merebak wabah covid-19," ujar Khofifah saat melakukan kunjungan ke Kantor PMI Jatim, Surabaya, Sabtu (4/4).

Gubernur Khofifah menyebutkan, banyak dari pegawai BUMN maupun BUMD dan karyawan di Pemprov Jatim siap melakukan donor darah. Sehingga, stock darah yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa terpenuhi.

"Kami siap jika PMI Jatim menempatkan mobil  keliling PMI di Grahadi maupun kantor Pemprov. Waktunya bisa dilakukan secara bergilir," tegasnya.

Khofifah memahami bahwa penerapan pembatasan aktivitas dan sosial cukup berdampak pada jumlah pasokan stok darah yang diterima PMI di tengah pandemi Covid-19 ini. Karenanya, PMI perlu untuk meningkatkan aksi jemput bola dengan tetap menjaga pembatasan sosial.

Menurut Ketua Umum PP Muslimat NU ini, peran PMI Jatim sangatlah strategis terutama dalam penanganan bencana alam maupun bencana non alam seperti kondisi wabah Covid-19.

Selain untuk pemenuhan kebutuhan stock darah, Khofifah juga mengajak PMI Jatim membantu proses pemulasaraan jenazah yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Kami juga akan memberikan bantuan Hibah kepada PMI Jatim sebesar Rp 1 milliar untuk mempercepat pencegahan Covid-19 di Jatim. Kami berharap sinergi ini mempercepat penangan Covid-19, termasuk pemenuhan stok darah dan pemulasaraan jenazah," ungkapnya.

Hingga saat ini jumlah kasus pandemi Covid -19 di Jatim terus meningkat. Terutama di wilayah Surabaya yang telah menjadi epicentrum dari Jatim.

Khofifah menerangkan, bahwa Pemprov Jatim memiliki web yang berisikan radar covid yang bisa menjangkau hingga data di tingkat kecamatan.
Diharapkan, kabupaten/kota akan membuat pemetaan hingga desa atau sub desa (dusun). Sehingga, bisa melakukan isolasi secara mandiri di masing masing wilayah.

"Jadi kami memiliki Radar Covid-19 bisa di tracing bisa dilihat hingga tingkat kecamatan baik status ODP, PDP ataupun data positif," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Viral Tenaga Medis Keluar Dengan APD Lengkap Sambil Teriak "Kami Capek, Kami Capek"

Jumat, 22 Mei 2020
Video

Habib Umar Assegaf dan Satpol PP Asmadi Saling Memaafkan

Sabtu, 23 Mei 2020
Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Pesawat Pakistan di Pemukiman Padat Penduduk

Sabtu, 23 Mei 2020

Artikel Lainnya

Lulus Jadi Prajurit TNI AD, Cita-Cita Yusuf Rony Kabarjay Akhirnya Tercapai
Nusantara

Lulus Jadi Prajurit TNI AD, ..

26 Mei 2020 00:43
Kecewa Namanya Dicatut Dalam Pesan Provokatif, Aa Gym: Mudah-mudahan Tidak Terulang Lagi
Nusantara

Kecewa Namanya Dicatut Dalam..

25 Mei 2020 23:40
Densus 88 Amankan Satu Penghuni Kost Di Solo
Nusantara

Densus 88 Amankan Satu Pengh..

25 Mei 2020 23:14
Namanya Dicatut Dalam Pesan Berantai Provokatif, Aa Gym: Berita Dusta Dengan Mendompleng Orang Lain
Nusantara

Namanya Dicatut Dalam Pesan ..

25 Mei 2020 23:04
Surabaya Raya Sepakat Berlakukan PSBB Tahap Tiga
Nusantara

Surabaya Raya Sepakat Berlak..

25 Mei 2020 22:04
Meski Kasus Turun, Anies: Jangan Lengah, Tetap Waspadai Arus Balik
Nusantara

Meski Kasus Turun, Anies: Ja..

25 Mei 2020 19:34
Kejaksaan Agung Diminta Optimalisasi Pengawasan Dana Penanganan Pandemik Covid-19
Nusantara

Kejaksaan Agung Diminta Opti..

25 Mei 2020 19:26
Sudah Ada 5.247 Permohonan Surat Izin Keluar Masuk DKI Jakarta, Begini Mekanismenya
Nusantara

Sudah Ada 5.247 Permohonan S..

25 Mei 2020 19:22