Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

16 Orang Positif Covid-19, Volunteer Corona Papua Minta Pembatasan Akses Laut Dan Udara Diperpanjang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 05 April 2020, 10:29 WIB
16 Orang Positif Covid-19, Volunteer Corona Papua Minta Pembatasan Akses Laut Dan Udara Diperpanjang
Gubernur Papua Lukas Enembe/Net
rmol news logo Volunteer Corona Papua meminta kepada Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe untuk memperpanjang pembatasan sementara penerbangan dan kapal laut selama pandemik virus corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Volunteer Corona Papua, Benyamin Gurik merespon situasi perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Papua.

"Maaf bukan somasi, tapi pernyataan kami untuk meminta kelanjutan pembatasan arus penumpang kapal laut dan penerbangan penumpang masuk keluar Papua," ucap Benyamin Gurik kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (5/4).

Dalam surat yang ditujukan kepada Gubernur Lukas Enembe itu, Benyamin menyebut kebijakan yang diambil Gubernur Lukas Enembe turut meredam laju wabah dan memberikan ruang yang cukup bagi tenaga medis yang terbatas untuk bekerja maksimal menangani masyarakat yang terpapar Covid-19, baik Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun positif Covid-19.

Benyamin melanjutkan, pihaknya pun telah mengajukan surat somasi atau teguran kepada Menteri Perhubungan RI dalam hal ini Dirjen Perhubungan Udara yang dinilai ingin membatalkan kebijakan Pemda Papua dengan semena-mena.

"Surat teguran kami belum dibalas secara tertulis, namun apabila penerbangan diaktifkan kembali sebagai bagian dari masyarakat sipil, kami siap untuk membawa instansi yang bersangkutan ke ranah hukum," tegas Benyamin Gurik.

Di tanah Papua sendiri, kata Benyamin, angka pasien positif Covid-19 telah mencapai 16 orang per tanggal 4 April 2020. Orang yang terpapar Covid-19 itu diduga terinfeksi dalam berbagai kegiatan di luar tanah Papua dan membawa virus ke Papua.

"Maka, kami mohon kepada Bapak Gubernur agar secepatnya mengeluarkan perpanjangan pembatasan sementara penerbangan dan kapal laut untuk penumpang hingga adanya perbaikan situasi yang berarti dan masyarakat Papua tidak lagi terinfeksi virus Covid-19," harapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA