Bantu Pemda Tangani Pandemik Corona, Volunteer Corona Papua Beri 8 Usulan

Volunteer Corona Papua/Net

Jumlah pasien positif corona di Papua tiap hari terus bertambah. Inilah yang menjadi keprihatinan Volunteer Corona Papua. Sejumlah usulan coba diberikan sebagai bantuan nyata kepada upaya pemerintah untuk mengatasi pandemik Covid-19 ini.

Hingga minggu kedua Maret 2020, ditemukan 13 orang pasien yang dinyatakan positif Covid-19, serta 42 orang yang berstatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 7.040 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Angka-angka inilah yang membuat Volunteer Corona Papua yang terdiri dari berbagai latar pendidikan dan profesi dan tersebar di berbagai daerah di Tanah Papua, ingin membantu kerja-kerja Pemerintah Daerah dalam mengatasi wabah berbahaya tersebut. Sehingga tidak kadung meluas dan membunuh masyarakat Papua.

Melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (4/4), Volunteer Corona Papua pun coba memberikan 8 usulan kebijakan yang perlu menjadi perhatian Pemerintah dan stakeholder, sebagai berikut:

1. Meminta Pemerintah Daerah untuk berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat, guna memperpanjang pembatasan sementara penerbangan dan kapal laut berpenumpang keluar dan dalam Papua sampai penanganan virus ini benar-benar tuntas, PDP atau juga ODP semua terkonfirmasi negatif, baik di Papua maupun daerah lain di luar Papua, terutama kota-kota yang memiliki bandara atau jalur transportasi aktif.
2. Pemerintah Daerah segera menghubungi pihak Pemerintah Pusat untuk membeli dua kali kebutuhan alat rapid test massal bagi seluruh ODP dan kelompok rentan lainya di seluruh Provinsi Papua.
3. Membuat aturan tegas beserta sanksi bagi Kepala Daerah Kabupaten/Kota dan Perusahaan atau operator yang secara sepihak membuka transportasi laut/udara bagi penumpang. Misalnya dengan memangkas alokasi anggaran Otsus atau dengan mengisolasi daerah tersebut agar tidak terkoneksi dengan daerah lainya di Papua.
4. Mendesak Pemerintah Daerah menggandeng akademisi untuk mengkaji puncak penyebaran Covid-19 di Papua, antisipasi penyebaran juga strategi penanggulangan dampak sosial bagi masyarakat. Termasuk kajian terhadap masyarakat yang rentan terdampak dan perlu diperhatikan di masa pembatasan sementara ini berlangsung.
5. Pemerintah menyediakan anggaran bagi kelompok masyarakat untuk mensosialisasikan bahaya Covid-19 dan cara pencegahan di Papua.
6. ASN diperpanjang masa WFH tapi dengan sistem piket 10-15 tiap hari per dinas/instansi untuk melayani kepentingan masyrakat yang mendesak.
7. Aktif mengimbau masyarakat menggunakan masker nonmedis bagi yang melakukan aktivitas di luar rumah, aktif mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial.
8. Meminta Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota agar tidak hanya menyampaikan jumlah pasien positif, PDP, atau jumlah ODP. Tetapi juga transparan menyampaikan peta wilayah sebaran dan kronologi seorang pasien terinfeksi, sehingga membantu publik lebih mawas diri dan ikut mengambil tindakan pencegahan.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Viral Tenaga Medis Keluar Dengan APD Lengkap Sambil Teriak "Kami Capek, Kami Capek"

Jumat, 22 Mei 2020
Video

Habib Umar Assegaf dan Satpol PP Asmadi Saling Memaafkan

Sabtu, 23 Mei 2020
Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Pesawat Pakistan di Pemukiman Padat Penduduk

Sabtu, 23 Mei 2020

Artikel Lainnya

Selama PSBB Diterapkan, 60 Persen Warga Jakarta Tetap Di Rumah
Nusantara

Selama PSBB Diterapkan, 60 P..

25 Mei 2020 18:54
Hingga Lebaran Kemarin, Jalan Tol Trans Sumatera Dipadati 310 Ribu Kendaraan
Nusantara

Hingga Lebaran Kemarin, Jala..

25 Mei 2020 18:29
Imbau Pemudik Tak Kembali ke Jakarta: Kita Tidak Ingin Kerja Keras Batal Karena Muncul Gelombang Baru Covid-19
Nusantara

Imbau Pemudik Tak Kembali ke..

25 Mei 2020 17:27
Doni Monardo: Minggu Terakhir Ini Beberapa Daerah Grafik Positifnya Penurunan
Nusantara

Doni Monardo: Minggu Terakhi..

25 Mei 2020 16:40
Kasus Corona Pada H +1 Lebaran Capai 22.750 Orang, Sembuh 5.642 Pasien dan Meninggal 1.391 Orang
Nusantara

Kasus Corona Pada H +1 Lebar..

25 Mei 2020 16:28
Tanpa Alasan Jelas, Sebuah Rumah Isolasi Covid-19 Dibubarkan Anggota DPRD Secara Arogan
Nusantara

Tanpa Alasan Jelas, Sebuah R..

25 Mei 2020 15:52
Tenaga Kesehatan Terjangkit Covid-19 Meningkat, RS Unair Siapkan Tempat Isolasi Mandiri
Nusantara

Tenaga Kesehatan Terjangkit ..

25 Mei 2020 15:49
Bantah Wacana Impor, Kementan Pastikan Produksi Pertanian Melimpah Selama Masa Pandemik Covid-19
Nusantara

Bantah Wacana Impor, Kementa..

25 Mei 2020 14:55