Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lunch 4 Paramedic, Gerakan Bantu Tenaga Medis Lewat Makanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 03 April 2020, 09:58 WIB
Lunch 4 Paramedic, Gerakan Bantu Tenaga Medis Lewat Makanan
Gerakan sosial Lunch 4 Paramedic sangat membantu para petugas kesehatan yang tak sempat membeli makanan/Istimewa
rmol news logo Kerja keras para tenaga medis dalam mengatasi wabag virus corona atau Covid-19 ini menarik simpati banyak kalangan untuk ikut memberikan bantuan. Salah satunya adalah gerakan bantuan makan untuk para tenaga medis bertajuk 'Lunch 4 Paramedic'.

Adalah Titi Rusdi, seorang warga Jakarta yang tergerak hatinya untuk menyiapkan makan siang kepada paramedis yang bertugas dalam penanggulangan wabah Covid-19.

Gerakan ini didasari kesibukan tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat dan merawat pasien, sehingga sering tak sempat menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi.

"Tidak semua RS menyediakan makan untuk paramedis. Kebanyakan mereka harus cari makan sendiri. Saya pikir mungkin bisa meringankan sedikit kerja mereka dengan menyediakan mereka makan siang," ujar Titi melalui keterangan tertulisnya, Jumat (3/4).

Gerakan amal ini sudah dimulai pada 25 Maret lalu dengan mengirimkan 250 paket makan siang ke RSUD Tanah Abang dan RSUI Depok. Kegiatan itu kemudian diunggah Titi lewat media sosialnya, dengan harapan bisa menginspirasi orang lain untuk membantu tenaga medis yang berjuang melawan corona.

Pucuk dicinta, unggahan Titi direspons positif oleh masyarakat. Titi pun mulai dihubungi oleh sejumlah warga yang ingin ikut membantu untuk menyediakan makan bagi tenaga kesehatan. Atas bantuan dan solidaritas dari banyak pihak, Titi menyebut hingga saat ini telah mengirimkan 3.050 paket makan siang ke 8 rumah sakit di Jakarta.

"Kita serahkan ke rumah sakit, nanti rumah sakit yang membagikan ke paramedis. Tapi kami minta diutamakan untuk tim Covid-19," katanya.

Titi mengatakan, bagi warga yang ikut untuk memberikan makan kepada tenaga medis bisa mengakses melalui tautan ini.

Setiap hari jumlah makan siang yang diberikan kepada tenaga kesehatan akan dilaporkan kepada para donatur sebagai pertanggungjawaban atas bantuan yang telah diberikan

Bahkan tak menutup kemungkinan jika ke depannya dia akan menyediakan dapur umum untuk masyarakat kecil, karena ekonomi pun turut terdampak oleh adanya wabah corona. Terutama ekonomi masyarakat kecil yang terimbas kebijakan bekerja dari rumah.

"Efek pandemik corona ini kan besar sekali secara ekonomi, apalagi ke masyarakat kelas bawah. Mungkin saya akan alokasikan lunch box yang lebih murah untuk masyarakat bawah, atau saya bikin dapur umum kecil di beberapa titik," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA