Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penuhi Informasi Covid-19, Khofifah Buat Terobosan Layanan Chatbot

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 03 April 2020, 08:58 WIB
Penuhi Informasi Covid-19, Khofifah Buat Terobosan Layanan Chatbot
Khofifah Indar Parawansa/Net
rmol news logo Terobosan kembali dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memberi informasi seputar penanganan virus corona baru atau Covid-19 ke masyarakat. Terobosan itu adalah dengan meluncurkan layanan chatbot di aplikasi WhatsApp.

Selain di WhastApp, layanan ini juga bisa diakses melalui laman infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19. Aplikasi memudahkan masyarakat berinteraksi langsung dengan akun resmi Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengurai bahwa ada 7 fitur yang bisa dimanfaatkan, mulai dari radar Covid-19, tanya jawab seputar Covid-19, hingga rekomendasi dan tips kepada masyarakat agar mereka terlindungi dari infeksi virus corona.

"Konsepnya seperti chat WA pada umumnya. Masyarakat hanya tinggal membalasnya dengan angka/emoticon untuk mendapatkan informasi," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jum'at (3/4).

Selain chatbot, Pemprov Jawa Timur sudah lebih dahulu meluncurkan layanan check up mandiri yang sifatnya borderless, sehingga bisa diakses tidak hanya masyarakat Jawa Timur.

Check up mandiri memungkinkan masyarakat untuk mengenali gejala dan mendeteksi virus corona sejak dini. Selain guna meminimalisir aksi masyarakat berbondong-bondong melakukan tes kesehatan di rumah sakit yang menyebabkan antrean panjang.

Khofifah mengatakan seluruh layanan tersebut diluncurkan untuk mempercepat arus informasi kepada masyarakat. Selain untuk meminimalisir dan mengantisipasi munculnya beragam hoax dan disinformasi yang meresahkan.

"Saya sadar betul masyarakat saat ini sangat butuh informasi dan saya tidak ingin mereka justru mendapatkan informasi yang salah dan menimbulkan kepanikan," tutur Khofifah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA