Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

RSUD Padangsidimpuan Yang Tolak Pasien Covid-19, Dinkes Sumut Belum Bisa Beri Sanksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 02 April 2020, 18:24 WIB
RSUD Padangsidimpuan Yang Tolak Pasien Covid-19, Dinkes Sumut Belum Bisa Beri Sanksi
Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, dr Alwi Mujahit/RMOLSumut
rmol news logo Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, dr Alwi Mujahit, mengakui kalau RSUD Padangsidimpuan yang merupakan rumah sakit rujukan telah beberapa kali menolak warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Namun, hingga kini Alwi mengaku belum bisa menindak rumah sakit tersebut. Sebab, belum ada laporan resmi yang diterimanya.

“Belum ada laporannya, sudah saya suruh bikin laporan tapi tak dibuat. Jadi bagaimana kita mau memprosesnya. Ada beberapa yang ditolaknya, ada dari Madina, Gunungtua juga,” ungkap Alwi, Kamis (2/4).

“Akhirnya dari Madina ada yang dibawa ke GL Tobing, yang di Gunungtua, mereka rawat sendiri. Saya sudah komunikasi dengan walikotanya,” sambungnya, dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Ditegaskan Alwi, ada sanksi yang menanti RSUD Padangsidimpuan jika menolak warga yang berstatus PDP. Seperti yang tertuang dalam instruksi Gubernur Sumatera Utara.

“Sanksinya sudah jelas di aturan, dan sudah ada instruksi gubernur, sudah jelas itu. Tapi belum ada laporannya, jadi kalau cakap-cakap saja nggak ada yang bisa kita lakukan. Mau dicakapkan pun kita sama Sidempuan (RSUD) ini dasar kita apa,” jelasnya.

Alwi berharap, jika ada yang keberatan dengan RSUD Padangsidimpuan untuk segera membuat laporan tertulis kepada pihaknya.

“Saya sudah desak RS di Madina dan Gunungtua, saya bilang kalau tak mau buat surat, jangan lagi ngadu ke saya, itu saya bilang. Saya mau selesaikan masalah dari sumbernya. Jadi kalau memang Sidempuan ini nggak beres, kita carikan solusinya, apa yang kurang,” ucapnya.

“RSUD Padangsidimpuan ini ditunjuk langsung oleh Kemenkes, mereka dilatih, dilengkapi fasilitasnya. Ya seminimal-minimalnya, mereka lebih siap dari RS Gunungtua,” demikian Alwi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA