Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemuda Muhammadiyah Jakarta Gelar Aksi Nyata Bantu Pemerintah Atasi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 02 April 2020, 13:33 WIB
Pemuda Muhammadiyah Jakarta Gelar Aksi Nyata Bantu Pemerintah Atasi Covid-19
Pemuda Muhammadiyah/Net
rmol news logo Jumlah pasien terjangkit virus corona (Covid-19) terus bertambah setiap harinya. Bahkan untuk DKI Jakarta penyebaran Covid-19 semakin meluas dan dinyatakan sebagai wilayah episentrum dengan tingkat penularan tertinggi di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menanggapi situasi yang sedang terjadi, Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta sebagai organisasi kepemudaan, turut mengambil peran dalam ikut membantu pemerintah maupun masyarakat sipil lainnya untuk melakukan aksi pencegahan Covid-19.

Ketua Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta, Bayu Herdayana menjelaskan ada beberapa program jangka pendek yang telah dilakukan. Antara lain, Gerakan Bantu Rumah Ibadah dan Sekolah Lawan Covid-19.

Secara teknis program itu dilakukan dengan penyemprotan disinfektan dan mendistribusikan hand sanitizer ke-100 rumah ibadah dan sejumlah sekolah yang ada di Jakarta.

"Juga memberikan bantuan alat cuci tangan dan handwash bagi masyarakat dalam lingkup terkecil yaitu Rukun Tetangga (RT)," ujar Bayu melalui keterangan tertulisnya, Kamis (2/4).

Pemuda Muhammadiyah menyadari bahwa penanganan bencana covid-19 ini akan memakan waktu panjang dan melelahkan secara mental dan fisik baik itu untuk pemerintah, tenaga medis yang terlibat langsung, maupun masyarakat yang terkena dampak covid-19.

Berdasar kajian tiga lembaga dunia di bawah PBB yaitu WTO, FAO, dan WHO dampak covid-19 dapat memicu krisis pangan jika pihak berwenang gagal mengelola dan mengendalikan Virus Covid-19 dengan baik.

Untuk itu, Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta menyiapkan program lanjutan dalam penanganan Covid-19 untuk ikut serta membantu memastikan kebutuhan pangan dan kebutuhan fisik tenaga medis dan masyarakat terpenuhi.

Pertama dengan memberikan bantuan paket sembako berupa beras, minyak goreng 2 liter, gula pasir dan mie instan. Penerima manfaat ini adalah pengemudi ojek, pedagang kaki lima, dan masyarakat pra sejahtera.

"Target paket sembako yang akan didistribusikan sebanyak 5.000 paket sembako," ungkap Bayu.

Selanjutnya, bantuan berupa vitamin dan masker bagi tenaga medis dan masyarakat yang rentan secara ekonomi. Ditargetkan penerima manfaat ini sebanyak 1.000 tenaga medis dan 1.000 masyarakat rentan
ekonomi.

Melakukan kampanye perilaku hidup bersih dan sehat dan penerapan physical distancing (pembatasan jarak fisik) untuk mencegah penularan Covid-19.

Terakhir, memproduksi cairan disinfektan dan sabun cuci tangan (handwash) secara mandiri. Tercatat, total disinfektan yang sudah di produksi dan distribusikan sebanyak 3.000 liter.

"Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta berharap aksi nyata yang dilakukan saat ini dapat menggerakkan masyarakat sipil dan organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya untuk saling peduli, saling berbagi, dan saling melindungi," pungkasnya. 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA