Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Punya Tiga Zonasi, RS Darurat Virus Corona Pulau Galang Siap Beroperasi Pekan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 02 April 2020, 07:02 WIB
Punya Tiga Zonasi, RS Darurat Virus Corona Pulau Galang Siap Beroperasi Pekan Depan
Presiden Joko Widodo Tinjau RS Darurat Virus Corona Pulau Galang/Net
rmol news logo Rumah Sakit Darurat Virus Corona (Covid-19) di Pulau Galang, Kepulauan Riau, siap digunakan pada Senin pekan depan.

"Ini maksimal Senin sudah bisa dioperasikan. Memang ada keterlambatan 3-4 hari. Karena ada transportasi bahan material yang terkendala karena cuaca," ujar Jokowi usai meninjau pembangunan RS Darurat Corona di Pulau Galang Kepulauan Riau, Rabu (1/4), melansir laman Presidenri.

Walau senang rumah sakit ini telah selesai, Jokowi rupanya tidak ingin rumah sakit ini digunakan. Dengan kata lain, ia tidak ingin ada kasus virus corona. Tidak ingin masyarakat terpapar virus corona.

Jika wabah virus corona telah usai, rumah sakit ini akan beralih fungsi menjadi rumah sakit menular dan tempat riset untuk para ilmuan.

Rumah sakit ini memiliki tiga zonasi yang memiliki peruntukannya masing-masing.

Zona A merupakan fasilitas penunjang bagi para dokter dan paramedis yang menangani pasien Covid-19 di pulau tersebut.

Zona B diperuntukkan bagi fasilitas medis dan tempat isolasi serta observasi bagi pasien yang dirawat.

Zona C yang saat ini difungsikan sebagai area cadangan untuk pengembangan fasilitas-fasilitas lainnya di area rumah sakit yang sekaligus akan dijadikan pusat riset tersebut.

RS Darurat tersebut direncanakan untuk memiliki daya tampung sebanyak 1.000 tempat tidur yang dalam situasi saat ini diperuntukkan untuk merawat dan mengisolasi pasien Covid-19.

Selain itu, rumah sakit ini memiliki ruang radiologi, farmasi, gizi hingga ruang laundri dan ada juga insenirator yang berfungsi untuk mengolah sampah yang dihasilkan dari aktivitas rumah sakit ini.

RS Darurat ini dibangun di Desa Sijantung di atas tanah bekas rumah sakit Kamp Sinam.

Beberapa bangunan lama yang masih bisa digunakan, dilakukan renovasi. Sementara bangunan baru berada di sisinya, yang awalnya adalah semak belukar bekas areal barak pengungsi.

Dalam kunjungan kerja ini, turut hadir juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA