Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

WFH Bikin Volume Sampah Komersil Turun, Tapi Sampah Rumah Tangga Meningkat

LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 01 April 2020, 14:40 WIB
WFH Bikin Volume Sampah Komersil Turun, Tapi Sampah Rumah Tangga Meningkat
Ilustrasi petugas sampah/Net
Sejak pemerintah meminta masyarakat untuk lebih memperbanyak aktivitas di rumah, mulai dari belajar, ibadah dan bekerja (Work From Home), jumlah volume sampah komersil di Kota Bandung terlihat menurun.

Pjs Direktur Utama Pd Kebersihan, Gun Gun Saptari mengatakan, ada penurunan sampah komersil dari perhotelan, restoran, cafe, tempat wisata, serta tempat hiburan lainnya. Angka penurunan mencapai 45 persen.

“Jadi sampah komersil terutama dari sektor hotel dan mall itu memang turun sampai 45 persen, saya lupa data tonasenya. Tapi yang jelas itu angkanya di hotel mall dll itu turun sampai 45 persen dari normal,” terangnya, di Bandung, Rabu (1/4), dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Untuk jumlah sampah dari penyapuan di jalan raya pun berkurang. Menurut Gun gun, hal ini dilihat dari jumlah sampah yang terkumpul oleh para penyapu jalan yang tetap bekerja.

“Untuk sapuan jalan itu fluktuasi tergantung daerah, tapi rata-rata di 1-8,3 persen, yang terbanyak di daerah Bandung Utara. Kalau di daerah Bandung Utara kan memang kantor-kantor banyak di sana, nah itu di Bandung Utara penurunan sampah penyapuan jalan itu sampai 8,3 persen,” jelasnya.

Kendati demikian, kata dia, terjadi peningkatan sampah di sektor rumah tangga. Hal ini terjadi karena sebagian besar aktivitas warga beralih di rumah.

“Kalau rumahan naik,” tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA