Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemprov Jakut: ODP Dan PDP Butuh Dukungan Saat Lewati Masa Isolasi, Jangan Kucilkan Mereka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 31 Maret 2020, 05:54 WIB
Pemprov Jakut:  ODP Dan PDP Butuh Dukungan Saat Lewati Masa Isolasi, Jangan Kucilkan Mereka
Petugas Menyemprotkan Disinfektan Di Sepanjang Jalan Protokol Jakarta Utara/Net
rmol news logo Tak sekadar aksi pencegahan virus corona saja yang dibutuhkan saat ini. Pemerintah juga membutuhkan peran serta warga untuk memberi dukungan isolasi diri yang sedang dijalankan para ODP atau orang dalam pemantauan.

ODP tak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri sebab ia harus mengkarantina dirinya sendiri selama 14 hari. Cara terbaik memberi dukungan kepada ODP itu adalah dengan bergotong royong dalam pemenuhan kebutuhan sehari-harinya.

“Warga saling membantu terutama memenuhi kebutuhan pokoknya. Tentu kolaborasi ini sesuai dengan protokol kesehatan diorganisir tim medis dan pemerintah,” ujar Walikota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, Senin (30/3).

Sigit mengingatkan, penanganan wabah ini perlu kerja sama, bukan hanya tugas pemerintah saja. Pemerintah butuh dukungan. Dengan kerja sama yang baik semua akan menjadi lebih mudah.  

“Penanganan Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama. Jangan pernah mengucilkan ODP dan PDP. Kita bantu warga yang sedang menjalani isolasi di rumahnya,” kata Sigit.

Data per Senin (30/3) pukul 08.00 WIB, sebanyak 117 warga Jakarta Utara dinyatakan sehat dari Covid-19 seusai menjalani proses observasi. Sedangkan, 12 warga lainnya masih menjalani isolasi diri di rumah dan tiga warga lain dinyatakan sembuh dari Covid-19

Ini tentu merupakan kabar baik. Kabar baik ini adalah hasil kerja sama yang bagus antara pemerintah dengan warga itu sendiri. Jika ini dilakukan terus menerus dibarengi dengan disiplin, bukan tidak mungkin penanganan virus akan jauh lebih mudah.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengimbau masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan Corona.

“Tetap berdiam diri di rumah, tidak berkerumun, menjaga jarak sosial dan fisik, menggunakan masker jika mendesak pergi keluar rumah, rajin cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer,” ujar Ali Maulana.

Keluar rumah hanya jika ada kebutuhan mendesak. Warga juga diingatkan segera mencuci bajunya begitu pulang dari luar rumah. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA