Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ibu Iriana Disebut Hadir Pada Acara Tahlilan Dan Ini Ucapan Belasungkawa Para Pemimpin Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Maret 2020, 10:30 WIB
Ibu Iriana Disebut Hadir Pada Acara Tahlilan Dan Ini Ucapan Belasungkawa  Para Pemimpin Negeri
Jokowi Saat Tahlilan Mendiang Ibunda, Kursi Tamu Dibuat Berjarak 1 Meter/Net
rmol news logo Pihak Istana menyampaikan kondisi Ibu Iriana baik-baik saja dan sehat. Hal ini menjawab pertanyaan warganet yang tidak melihat keberadaan ibu negara saat pemakaman mendiang mertuanya, Ibu Sudjiatmi Notomihardjo, Kamis (26/3).  

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, Ibu Negara bersama Presiden Jokowi sudah kembali bertolak ke Solo, menghadiri tahlilan di rumah duka. Diperkirakan keduanya akan berada di Solo hingga Minggu (29/3).

Kemungkinan besar ibu negara sangat terpukul atas kabar wafatnya sang mertua sehingga tidak terlihat.

Ibu Sudjiatmi Notomihardjo, ibunda dari  Jokowi, wafat dalam usia 77 tahun, Rabu (25/3) karena sakit kanker yang deritanya sejak empat tahun lalu.  

Sebelumnya, usai mengikuti prosesi pemakaman pada Kamis (26/3) siang, sore harinya Jokowi langsung bertolak ke Istana Bogor untuk mengikuti pertemuan KTT G20 yang dilangsungkan secara virtual atau video conference.

Lalu, Jumat malam, Jokowi kembali ke Solo bersama Ibu Iriana untuk menghadiri tahlilan dan doa bersama, di kediaman almarhumah.

KH Abdul Karim (Gus Karim) hadir untuk memimpin doa. Acara itu sendiri sangat dibatasi hanya untuk keluarga besar dan beberapa santri dari Pondok Pesantren Al-Qur'aniyy. Hal ini untuk menghindari kerumuman.

Ungkapan duka cita terus mengalir. Sejak kemarin, pihak keluarga memang mengimbau agar masyarakat tidak melayat karena kondisi negara yang sedang menghadapi wabah virus corona. Keluarga meminta didoakan saja dari rumah masing-masing.

Sejumlah pemimpin negara menyampaikan belasungkawa atas kepergian ibunda dari Jokowi.

Raja Salman dari Arab Saudi menyampaikan duka citanya saat membuka pertemuan KTT Luar Biasa G20 secara virtual.

Para pemimpin negara yang menyampaikan belasungkawa di antaranya Sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Singapura Halimah Yacob, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

“Dengan rasa berdukacita dan amat terharu mendengar berita mengenai kembalinya ke Rahmatullah Ibu kepada Tuan yang terutama. Beta ingin menyampaikan ucapan takziah dan simpati yang mendalam,” ujar Sultan Hassanal Bolkiah.

Selain itu, Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Wakil Presiden sekaligus Perdana Menteri PEA Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dan Putra Mahkota Abu Dhabi, PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), juga turut menyampaikan belasungkawa.

“Kami turut berduka mendengar kepergian Ibunda Yang Mulia Bapak Presiden, kami turut bersimpati dan belasungkawa tulus kepada Yang Mulia Bapak Presiden, pemerintah Republik Indonesia dan keluarga Bapak Presiden,” ucap ketiga pemimpin PEA tersebut.

Selain melalui surat, Putra Mahkota Abu Dhabi MBZ juga sampaikan duka citanya melalui akun Twitternya.

“Saya berduka atas meninggalnya Ibunda teman saya, Joko Widodo, Presiden Indonesia. Saya sampaikan simpati yang mendalam untuk keluarga. Semoga Allah mengasihi Almarhumah, mengampuni, dan menjadikan Surga tempat peristirahatannya, dan keluarganya diberikan kesabaran dan ketabahan,” cuit MBZ.

Ungkapan belasungkawa juga datang dari Sultan Oman Haitham Bin Tarik, Perdana Menteri Bahrain Shaikh Khalifa Bin Salman Al Khalifa, Presiden Guinea-Bissau Umaro Sissoco Embalo dan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin melalui akun Twitter resminya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA