Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Warga Terdampak Corona, ACT Gandeng Kowantara Sediakan Makan Gratis Di Warteg

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 27 Maret 2020, 09:44 WIB
Bantu Warga Terdampak Corona, ACT Gandeng Kowantara Sediakan Makan Gratis Di Warteg
Sejumlah warteg kini sediakan makan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan/Istimewa
rmol news logo Wabah virus corona telah memukul perekonomian Indonesia. Tak hanya pengusaha besar, pengusaha kecil pun mulai menjerit omset mereka menurun drastis akibat berkurangnya daya beli masyarakat.

Tak hanya itu, para pekerja sektor informal yang mengandalkan penghasilan harian pun ikut terdampak. Mereka makin kesulitan mendapatkan penghasilan seiring anjuran pemerintah untuk lebih banyak beraktivitas di rumah.

Untuk itulah, ACT (Aksi Cepat Tanggap) dan Kowantara (Komunitas Warteg Nusantara) berinisiatif menggelar kegiatan Layanan Warteg Operasi Makan Gratis untuk Saudara Sebangsa di tengah pandemik Covid-19.

“Kami ACT komitmen untuk bekerja sama dengan 1.000 warteg se-Jabodetabek dengan menggelar kegiatan makan gratis di warteg,“ jelas perwakilan ACT, Sutaryo, melalui keterangannya, Jumat (27/3).

Pihak ACT mengaku mensubsidi 100 porsi makanan dan air mineral terhadap orang-orang yang membutuhkan. Sebagai tanda satu warteg ikut dalam kegiatan amal ini, ada spanduk dan banner yang dipasang di depan warung.

Menurut Sutaryo, dampak merebaknya virus corona bukan hanya dirasakan masyarakat kecil seperti para pekerja informal, tukang ojek, atau buruh bangunan, tapi juga para pengusaha warteg.

“Kalau UKM seperti warteg kolaps dan tidak jualan lagi, tentu akan lebih repot,“ imbuh Sutaryo

Dengan program operasi makan gratis ini, lanjut Sutaryo, dapat menyelamatkan dua sisi. Yaitu dapur warteg tetap ngebul dan masyarakat bisa terbantu dengan adanya makan gratis.

Ketua Kowantara, Mukroni, menyambut baik kerja sama dengan ACT ini. Karena dengan kondisi sekarang ini banyak masyarakat yang tidak bisa kerja sehingga kesulitan untuk membeli makan. Jadi program makan gratis di warteg akan sangat membantu masyarakat kecil.

Menurut Mukroni, sebagai awalan sekaligus uji coba, Kowantara memulai dengan lima warteg. Semuanya berada di wilayah Jakarta.

Yaitu Warteg Nurul di Jakarta Pusat, Warteg Bu Ali Matraman di Jakarta Timur, Warteg Ridho Ibu di Jakarta Selatan, Warteg Putra Bahari Kampung Melayu di Jakarta Timur, dan Warteg Putra Bahari Tanjung Duren di Jakarta Barat.

Secara bertahap jumlah warteg yang ikut program ini akan terus ditambah. Hingga nantinya bisa mencapai target 1.000 warteg se-Jabodetabek. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA