Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno: Perwakilan Indonesia Bantu WNI Di Luar Negeri Terkait Wabah Covid-19, Paling Banyak Para ABK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 27 Maret 2020, 06:43 WIB
Menlu Retno: Perwakilan Indonesia Bantu WNI Di Luar Negeri Terkait Wabah Covid-19, Paling Banyak Para ABK
Menlu Retno Marsudi/Net
rmol news logo Sejumlah negara telah memberlakukan lockdown sebagai upaya memerangi wabah virus corona.

Pemberlakuan ini tentu berdampak terhadap keberadaan WNI di negara-negara tersebut.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan bahwa negara lewat perwakilannya di luar negeri akan memberikan perlindungan kepada WNI terkait wabah virus Corona.

"Selain kita berusaha untuk menangani Covid-19 yang ada di dalam negeri di Indonesia, pada saat yang sama kita juga melakukan perlindungan terhadap warga negara Indonesia yang berada di luar negeri,” ujar Retno dalam pidatonya pada laman Sekretariat Presiden, Kamis (25/3).

Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda untuk warganya terkait penanganan virus corona.

Kebijakan negara-negara di dunia yang berdampak kepada WNI membuat perwakilan Indonesia di luar negeri memberi bantuan dan pemantauan. Jumlah WNI yang paling banyak mendapatkan bantuan adalah anak buah kapal (ABK).

"Karena warga negara Indonesia banyak sekali yang bekerja di kapal-kapal yang pada saat ini memiliki beberapa kasus positif virus corona,“ ujar Retno.

Lebih dari 1.600 kasus yang dihadapi warga negara Indonesia di luar negeri dan macam-macam sifatnya. Retno bersama jajarannya berusaha semaksimal mungkin memberikan bantuan kepada mereka.

Retno menyampaikan pidatonya sesaat setelah usai menemai Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang mengikuti pertemuan KTT G20 secara virtual dari Istana Negara.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan harus bisa menang melawan pandemi virus Corona.

"Tadi dalam pernyataannya Bapak Presiden, intinya kembali menekankan pentingnya kerja sama, soliditas, sinergi dan Presiden menyampaikan pesan yang sangat kuat, bahwa kita harus memenangkan dua peperangan sekaligus, yaitu melawan COVID-19 dan yang kedua melawan pelemahan ekonomi dunia saat ini," kata Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA