Terdapat 19 keberangkatan Kereta Api (KA) yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23 Maret-1 April 2020. KA yang mengalami pembatalan operasional tersebut merupakan KA yang memiliki jarak berdekatan.
"Sehingga calon penumpang memiliki pilihan KA lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan. Namun, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100 persen," ungkap Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, melalui keterangannya, Rabu (25/3).
Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret-29 Mei 2020.
Terhitung sejak 1 maret 2020 hingga hari ini, sekitar 71 ribu tiket untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari ke depan telah dilakukan proses pembatalan, baik melalui loket stasiun dan jalur online.
Guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket Stasiun Gambir dan Pasar Senen, PT KAI Daop 1 Jakarta menginformasikan bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.
Meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan tempat penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access. Yang terpenting nomor identitas yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket.
"Yang perlu dipastikan, calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling terbaru, maka dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100 persen. Bagi pengguna yang telah memiliki aplikasi KAI Access dapat melakukan proses
update aplikasi tersebut," jelas Eva.
Jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun. Terdapat delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh.
"Masing-masing stasiun memiliki tiga loket untuk melayani pembatalan tiket. Bahkan, guna menghindari antrean, khusus di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, ditambah menjadi lima loket layanan pembatalan tiket," pungkasnya.
Berikut jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari (Senin-Minggu):
1. Stasiun Gambir: Pukul 07.00-22.00 WIB
2. Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00-22.00 WIB
3. Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00-19.00 WIB
4. Stasiun Bogor: Pukul 09.00-16.00 WIB
5. Stasiun Cikampek: Pukul 07.00-22.00
6. Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00-16.00 WIB
7. Stasiun Serang: Pukul 09.00-19.00 WIB
8. Stasiun Bekasi : Pukul 07.00-22.00 WIB
Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.
BERITA TERKAIT: