Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tekan Angka Penularan Corona, Kemendagri Minta Semua Pihak Disiplin Terapkan Social Distancing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 25 Maret 2020, 11:10 WIB
Tekan Angka Penularan Corona, Kemendagri Minta Semua Pihak Disiplin Terapkan Social Distancing
Syafrizal/Net
rmol news logo Kebijakan social distancing atau pembatasan kegiatan sosial di luar rumah, diminta pemerintah untuk diterapkan secara disiplin oleh seluruh pihak.

Pasalnya, kebijakan ini dianggap mampu meminimalisir angka penularan virus corona atau Covid-19.

Dalam jumpa pers yang digelar di Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Rabu pagi (24/3), Direktur Manajemen Penanggulanagan Bencana dan Kebakaran Kemendagri, Syafrizal menyampaikan urgensivitas social distancing saat ini.

"Perlu dilakukan dengan cara yang sangat disiplin, untuk segera menekan pertumbuhan statistik penambahan pasien," kata Syafrizal.

Peran pemerintah daerah untuk menekan angka penularan, diterangkan Syafrizal, adalah memperkuat pola sosialisasi pembatasan kegiatan sosial secara terus-menerus.

"Kegiatan penanganan Covid-19 ini bukan hanya kewenangan, hanya urusan pemerintah, tapi juga urusan semua. Urusan pemerintah provinsi, urusan pemerintahan kabupaten kota sampai dengan ke desa. Semuanya perlu bergerak, bukan saja di level pusat tapi seluruhnya," ungkap Syafrizal.

Sementara untuk masyarakat, juga diharapkan mampu menerapkan secara displin kebijakan social distancing. Sebab jika tidak, angka penularan corona akan terus bertambah.

Dengan keterlibatan semua pihak yang dilakukan secara serentak, Kemendagri berharap penagananan dan pencegahan wabah virus corona bisa semakin membaik.

"Tapi kalau dilakukan secara parsial, misal di situ (satu daerah) intensitas (penularannya) tinggi, disana (di satu daerah lainnya) lemah, maka akan terjadi pertukaran saja. Jadi perlu dilakukan serentak dan sekaligus," imbau Syafrizal.

"Baru 14 hari itu waktu yang dinilai efektif, namun jika tidak dilakukan secara serentak, maka efektifnya tidak akan terjadi, akan ada daerah yang turun dan daerah yang naik," tambahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA