Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Wabah Corona, Tingkatkan Imunitas Dengan Makan Ikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 19 Maret 2020, 09:44 WIB
Cegah Wabah Corona, Tingkatkan Imunitas Dengan Makan Ikan
Gemar makan ikan bisa membantu menekan penyebaran virus corona/Net
rmol news logo Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus corona baru (Covid-19). Karena mengonsumsi ikan sangat baik untuk daya tahan tubuh (imunitas).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sebab, ikan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Seperti protein tinggi, lemak omega 3, asam lemak tak jenuh, vitamin A, D, B6, dan B12, serta mineral yang semuanya baik untuk daya tahan tubuh.

Koordinator Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri menjelaskan, dengan rutin mengonsumsi ikan berarti membuat daya tahan tubuh meningkat. Dengan tubuh yang prima, tentunya tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus corona.

"Ini salah satu upaya, karena makan ikan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Makan ikan itu menyehatkan dan buat tubuh kita kuat," ujar Rokhmin melalui keterangannya, Kamis  (19/3).
 
Untuk mendapatkan manfaat terbaik, dia mengimbau masyarakat memasak ikan dengan cara yang baik dan bersih. Di samping itu, masyarakat diajak melengkapi konsumsi ikan dengan sayur dan buah.

Sampai saat ini, memang belum ditemukan vaksin Covid-19. Sehingga ajakan makan ikan, sambung Rokhmin, menjadi langkah antisipasi penularan yang cukup tepat.

KKP pun akan terus mengkampanyekan Gemarikan ke berbagai daerah di Indonesia. Tujuan lain yang tak kalah penting, kampanye Gemarikan ini juga untuk membantu tumbuh kembang anak menjadi cerdas dan sehat.

Rokhmin menambahkan, KKP juga aktif menjaga kualitas ikan sebelum sampai ke tengah masyarakat. Untuk memastikan ikan yang masuk tidak terpapar virus, KKP melakukan deteksi menggunakan alat pendeteksi modern.

"Kami punya alat deteksi virus canggih. Dipastikan konsumi ikan bebas virus corona," tandas Rokhmin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA