Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sensus Penduduk 2020 Dilakukan Secara Online

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 13 Maret 2020, 06:17 WIB
Sensus Penduduk 2020 Dilakukan Secara Online
Petugas BPS Mendata Penduduk dengan Cara Mendatangi Warga/Net
rmol news logo . Sensus Penduduk 2020 (SP2020) penting dilakukan sebagai dasar pengambilan kebijakan di berbagai bidang pembangunan. Data hasil SP2020 bermanfaat untuk perencanaan di masa kini juga di masa yang akan datang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa sensus penduduk menjadi agnda kerja bersama.

"Sensus Penduduk 2020 (SP2020) nanti akan menjadi kunci langkah awal untuk menuju terwujudnya satu data kependudukan. Oleh karenanya, jangan memandang lagi bahwa SP2020 ini hanya pekerjaan BPS. SP2020 telah menjadi agenda kerja kita semuanya," ujar Jokowi.

Selama ini, sensus penduduk dilakukan secara tradisional. Sejak sensus pertama yaitu 1961, lalu 1971, 1980, 1990, 2000, dan yang terakhir 2010, pelaksanaan sensus penduduk menggunakan cara tradisional.

Selama 60 tahun dan enam kali pelaksanaan sensus, selalu dilakukan dengan cara petugas mendatangi rumah-rumah warga.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan pembaruan pada cara pengumpulan data. Sehingga, untuk pelaksanaan sensus penduduk yang ketujuh, bisa dilakukan secara online.  

Sensus penduduk online yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) ini akan dibuka hingga 31 Maret 2020 mendatang.

BPS membagi pengumpulan data menjadi dua tahap. Sensus Penduduk Online pada 15 Februari-31 Maret 2020 dan pencacahan lapangan pada 1-31 Juli 2020.

"Semangat perubahan ini dilakukan berdasarkan arahan Bapak Presiden bahwa kita semua harus berkolaborasi, meninggalkan ego sektoral, dan terus menerus menerapkan inovasi," ujar Kepala Badan Pusat Statistik, Suhariyanto dalam keterangan tertulis, Kamis (12/3/2020).

Metode ini dianggap akan membuat sensus penduduk lebih praktis dan efisien. Masyarakat dapat ikut serta secara mandiri melalui situs web sensus.bps.go.id dengan menggunakan perangkat yang terhubung jaringan internet.

Jika tidak sempat mengisi secara online, masyarakat akan dikunjungi petugas sensus di bulan Juli untuk melakukan wawancara. Baik secara online maupun wawancara, masyarakat diminta memberikan jawaban dengan jujur dan benar.

Partisipasi masyarakat dengan memberikan jawaban yang jujur dan benar, serta dukungan penuh dari K/L, institusi, organisasi, dan seluruh pihak menjadi kunci kesuksesan SP2020 dan menentukan masa depan Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA