Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Toba, Raja Dan Ratu Belanda Dipakaikan Ulos Pinunsaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 12 Maret 2020, 18:21 WIB
Di Toba, Raja Dan Ratu Belanda Dipakaikan Ulos Pinunsaan
Prosesi pemberian Ulos Pinunsaan kepada Raja dan Ratu Belanda/Net
rmol news logo Raja Belanda, Willem Alexander dan istrinya, Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti mendapatkan persembahan hadiah kain Ulos Pinunsaan saat mengunjungi rumah adat Batak di Desa Siambat Dalan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan raja dan ratu ke Danau Toba, Sumatra Utara pada Kamis (12/3).

Ulos Pinunsaan atau yang juga disebut Ulos Jugia atau Ulos Naso Ra Ripot merupakan kain tenun khas Batak yang diberikan kepada tamu-tamu terhormat.

Ulos tersebut memiliki arti orang yang sudah memiliki cucu. Biasanya, ulos ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu.

Diiringi dengan tarian tradisional Batak, Tortor Panomunomuan, beberapa pemimpin Batak, ulos berwarna dominan merah tersebut dipakaikan ke raja dan ratu.

Prosesi tersebut disaksikan oleh para tokoh adat hingga sejumlah pejabat, termasuk Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Setelah prosesi selesai, Raja Willem dan Ratu Maxima diajak untuk melihat rumah-rumah adat Batak sembari mendapatkan ulasan singkat mengenai budaya di sana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA