Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demo BUMN, Massa Tuntut Pertamina Buka-bukaan Soal Dana CSR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 05 Maret 2020, 22:20 WIB
Demo BUMN, Massa Tuntut Pertamina Buka-bukaan Soal Dana CSR
Masa Ikatan Muda Aktifis Nasional Indonesia (IMANI) menggelar demo di depan Kementerian BUMN/Istimewa
rmol news logo Kantor Kementerian BUMN digeruduk massa yang mengatasnamakan Ikatan Muda Aktifis Nasional Indonesia (IMANI), Kamis (5/3).

Dalam aksinya, massa menuntut Menteri BUMN, Erick Thohir melakukan investigasi terkait adanya dana CSR yang dikelola Pertamina yang dinilai tidak transparan.

"Mendesak Erick Thohir untuk mengevaluasi dana CSR semua BUMN dan meminta Erick Thohir segera melakukan investigasi terkait dana CSR Pertamina," kata koordinator lapangan IMANI, Yogi.

Sebagai badan usaha pelat merah, wajib hukumnya bagi Pertamina melaporkan keuangan secara transparan. Sebab BUMN selama ini telah menjadi 'lahan basah' yang rentan dengan aksi cawe-cawe. Oleh karenanya, ia meminta kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) turut mengaudit dana CSR di Pertamina.

Diakui Yogi, tahun 2018 Pertamina menggelontorkan anggaran CSR sebesar Rp 265.371.258.000 yang diperuntukkan kepada 60.338 penerima UMKM di Indonesia.

"Jumlah itu melebih jumlah kecamatan dan desa kelurahan se-Indonesia. Kami ingin tahu nama-nama penerima tersebut" tegasnya.

Dalam aksinya, massa gagal bertemu dengan satupun pejabat BUMN, termasuk Erick Thohir. Dengan demikian, massa mengancam akan menggelar aksi lanjutan hingga aspirasi mereka benar-benar didengarkan.

"Kami akan datang untuk aksi lagi beberapa hari ke depan dengan massa yang lebih banyak," tutur Ketua Umum IMANI, Parwandi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA