Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada, Semeru Semburkan Awan Panas Sejauh 3 KM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 03 Maret 2020, 21:02 WIB
Waspada, Semeru Semburkan Awan Panas Sejauh 3 KM
Pantauan Gunung Semeru/Istimewa
rmol news logo Guguran awan panas dikeluarkan Gunung Semeru hingga sejauh tiga kilometer pada Selasa petang (3/3). Saat ini, gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut masuk dalam level II atau waspada.

"Guguran awan panas teramati dengan amplitudo maksimal 23 milimeter dengan lama gempa hingga 540 detik. Luncuran awan panas tersebut mengarah ke Besuk Kembar dan Besuk Bang dari pusat guguran dengan jarak kurang lebih 750 meter dari kawah utama," tutur Kapusdatin BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya.

Dikatakan Agus, berdasarkan keterangan Kepala BPBD Kabupaten Malang, Subagyo, fenomena alam tersebut sudah sering terjadi. Kondisi saat ini pun dilaporkan aman dan terkendali.

Kendati demikian, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan BPBD tetap mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada radius satu kilometer dan wilayah sekitar empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara yang menjadi jalur luncuran awan panas dari kawah utama.

"Masyarakat juga diharapkan selalu waspada terhadap potensi luncuran awan panas di Kawah Janggring Saloko agar fenomena alam tersebut tidak menjadi bencana," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA