Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gubernur Khofifah Gerak Cepat Tangani Jalan Ambles Di Jember

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 03 Maret 2020, 08:36 WIB
Gubernur Khofifah Gerak Cepat Tangani Jalan Ambles Di Jember
Khofifah Indar Parawansa/Net
rmol news logo Gerak cepat dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menanggapi bencana yang terjadi di Kabupaten Jember. Bencana yang dimaksud adalah longsor yang terjadi di Jala Sultan Agung.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun langsung dalam meninjau lokasi pada Selasa tengah malam (3/3). Khofifah meninjau lokasi bersama dengan Bupati Jember Faida dan forkopimda Jember beserta Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Ahmad Subki.

Rapat penanganan ruko ambruk dan jalan ambles langsung digelar setiba di lokasi. Pembahasan mengarah pada simpulan untuk melakukan pembongkaran bangunan ruko yang berada di bantaran Kali Jompo.

“Berbagai rekomendasi tim PUPR menunjukkan bahwa kita harus melakukan pembongkaran pada bangunan  ruko di bantaran sungai yang tersisa, sekaligus mengganti jembatan Kali Jompo," kata Khofifah usai peninjauan lokasi bencana.

Sepuluh dari 31 ruko telah ambruk ke badan sungai. Sedangkan 21 sisanya segera dilakukan pembongkaran dengan sistem merobohkan ke arah Jalan Sultan Agung.

Opsi diambil agar bangunan ruko yang dirobohkan tidak membahayakan pemukiman yang ada di bawah sungai yang lebih rendah.

Untuk itu, Khofifah meminta warga juga memaklumi jika Jalan Sultan Agung ditutup untuk perobohan dan evakuasi bangunan antara dua minggu sampai dua puluh hari.

"Pesan saya, alat berat yang digunakan untuk perobohan bangunan ruko tersisa maupun nanti untuk pengangkutan material, jangan sampai melebihi kapasitas kekuatan jalan. Karena di bawah jalan ini ada pipa PDAM yang mengaliri sekitar 3.000 pelanggan, jangan sampai ada pipa pecah,” urai mantan Menteri Sosial itu.

Selain tanggap longsor, Khofifah juga memberi bantuan untuk korban bencana banjir yang terjadi di Desa Sumber Agung Kecamatan Sumberbaru dan merendam empat dusun pada Minggu (1/3).

Banjiir akibat luapan air sungai itu mengakibatkan empat dusun terendam dengan ketinggian air rata-rata mencapai 60 sentimeter.

Empat dusun yang terendam banjir itu adalah Dusun Tambakrejo dengan 360 KK dan 1.312 jiwa terdampak, Dusun Banjarejo dengan 150 KK, 503 jiwa terdampak, Dusun Banjarejo Tengah dengan 127 KK, 350 jiwa terdampak, dan Dusun Banjarejo Timur dengan 107 KK, 390 jiwa terdampak.

"Kita akan memberi bantuan berupa logistik serta bronjong untuk memperkuat bantaran sungai. Serta kami juga mengirimkan sejumlah paket bantuan berupa jirigen, tenda gulung, family kids, kebersihan masyarakat, selimut, tikar, matras, siap saji, makanan penambah gizi, masker bagi warga masyarakat terdampak," kata Khofifah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA