Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasang 35 Kamera Pengintai Di Gunung Muria, PMPH Dapatkan Ribuan Gambar Macan Tutul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 28 Februari 2020, 17:48 WIB
Pasang 35 Kamera Pengintai Di Gunung Muria, PMPH Dapatkan Ribuan Gambar Macan Tutul
Macan tutul diketahui masih terdapat di kawasan Gunung Muria/Net
rmol news logo Paguyuban Masyarakat Pelindung Hutan (PMPH) melakukan pengamatan terhadap keberadaan macan tutul yang merupakan satwa diindungi di kawasan Gunung Muria. Untuk membantu pengamatan, PMPH telah memasangi 35 kamera pengintai.

"Dari 35 kamera yang dipasang, berhasil menemukan keberadaan macan tutul," kata Ketua PMPH Gunung Muria, Shokib, Jumat (28/2).

Dari hasil yang didapat dari 35 kamera, saat ini masih diidentifikasi. Hasilnya sangat memuaskan. Karena kamera berhasil menangkap ribuan gambar macan tutul.

"Artinya, ini (macan tutul) masih cukup banyak," jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Untuk itu, pihaknya berharap warga dan seluruh komponen masyarakat ikut menjaga ekosistem di kawasan Muria demi terjaganya keberadaan macan tutul. Habitat macan tutul ini berada di kawasan yang meliputi Kabupaten Jepara, Kudus, dan sebagian Kabupaten Pati.

Selain pengamatan, berbagai upaya lain juga dilakukan PMPH. Seperti penghijauan di habibat macan tutul. Salah satunya di Desa Tempur, Kecamata Keling, Jepara. Apalagi habitat itu pernah terbakar pada 2006 silam.

Tidak hanya macan tutul, di kawasan tersebut juga menjadi habitat satwa lain, termasuk aneka burung. Namun, saat ini, kawasan itu jadi lahan kosong. Sehingga telah dilakukan penanaman oleh PMPH bersama warga dan Forkopimda Jepara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA