Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jakarta Dilanda Banjir, Ahli Lingkungan: 80 Persen Perubahan Iklim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 28 Februari 2020, 14:27 WIB
Jakarta Dilanda Banjir, Ahli Lingkungan: 80 Persen Perubahan Iklim
(kanan) Riyanti Djalante/RMOL
rmol news logo Banjir yang melanda dalam beberapa waktu terakhir tidak hanya terjadi di Jakarta dan sekitarnya semata, namun juga di berbagai wilayah di belahan dunia lain. Hal itu dikarenakan banjir telah menjadi global trend dengan adanya perubahan iklim.

Demikian yang diungkapkan oleh akademisi United Nations University (UNU), Riyanti Djalante, ketika menjadi pembicara di Centre for Strategic and International Studies, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (28/2).

"Itu (banjir) global trend. Dan kita tahu climate change, perubahan iklim, merupakan 80 persen penyebabnya adalah itu," papar Riyanti.

Menurut Riyanti, frekuensi bencana yang paling banyak adalah banjir. Apalagi Indonesia sendiri sebagai negara yang rentan bencana. Bahkan menurut Riyanti, Indonesia kerap disebut "supermarket bencana".

"Nah untuk menanggapi banjir Jakarta, memang kan Jakarta itu megacity, populasinya sangat besar, kemudian metropolitan area. Jadi memang development pembangunan itu berjalan sangat masif sekali," jelasnya.

Memang intensitas dari climate change itu semuanya akan meningkat, Jadi volume air juga akan terus meningkat," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA