Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Tuan Rumah Museum Internasional Sejarah Nabi, Anies: Keberkahan Untuk Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 26 Februari 2020, 20:42 WIB
Jadi Tuan Rumah Museum Internasional Sejarah Nabi, Anies: Keberkahan Untuk Jakarta
Anies Baswedan/RMOL
rmol news logo Indonesia, khususnya Jakarta patut bersyukur karena mendapatkan kepercayaan dari Liga Dunia Islam untuk mendirikan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam.

Museum tersebut mulai dibangun di Pantai Ancol Timur, Jakarta Utara dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Kita semua bersyukur bahwa Indonesia menjadi tuan rumah. Dan kita lebih bersyukur lagi, ketika Jakarta menjadi tuan rumah dari museum ini. Bagi kami di Jakarta ini sebuah keberkahan tersendiri," ujar Anies Baswedan, Rabu (26/2).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, catatan sejarah menjadi alasan mengapa kawasan utara Jakarta dipilih untuk lokasi Museum.

Kawasan Utara yang notabene daerah pesisir, merupakan gerbang masuknya Islam ke tanah Jakarta. Maka bukan hal yang aneh, jika di kawasan ini memiliki banyak mesjid dengan usianya yang ratusan tahun.

Anies berharap dengan adanya museum ini nanti menjadi tempat kedatangan masyarakat, bukan saja dari Indonesia tapi juga dari kawasan Asia Tenggara.

Karena itu, pemilihan lokasi yang kebetulan juga dengan dekat akses bandara, menjadi kemudahan masyarakat dalam mengunjungi museum nabi ini.

"Kita berharap bahwa museum ini nantinya menjadi tempat untuk mendekatkan kepada sifat-sifat Rasulullah; sidiq, fathonah, amanah, tabliq, itu semua kita harap nantinya muncul dair tempat ini," jelasnya.

Selain itu, dirinya mengharapkan pembangunan akan bisa selesai sesuai jadwal yang direncanakan yakni dalam 18 bulan. Bahkan bila memungkinkan, Anies meminta pembangunan bisa dipercepat.

"Jadi InsyaAllah tahun depan, pertengahan tahun sudah kita saksikan hasilnya," ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Mantan Wakil Presiden RI; Jusuf Kalla, Menteri Agama; Fachrul Razi, Menteri BUMN;  Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia;Sofyan Djalil, Majelis Ulama Indonesia, Duta besar negara sahabat serta ketua Ormas Islam seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA