Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepala BNPB: Kerusakan Lingkungan Jadi Penyebab Banjir Karawang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 26 Februari 2020, 17:46 WIB
Kepala BNPB: Kerusakan Lingkungan Jadi Penyebab Banjir Karawang
Kepala BNPB, Doni Monardo, kunjungi banjir di Kabupaten Karawang/RMOLJabar
rmol news logo Banjir yang melanda Kabupaten Karawang tak lepas dari tangan-tangan manusia yang buruk dalam menjaga lingkungan. Karena, kerusakan lingkungan memang jadi penyebab utama banjir yang melanda Kabupaten Karawang.

Demikian dikatakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, saat meninjau langsung lokasi banjir di Kabupaten Karawang, Rabu (26/2).

Menurut mantan Danjen Kopassus ini, wilayah Karawang Selatan yang merupakan dataran tinggi harus jadi fokus dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Dilaporkan Kantor Berita RMOLJabar, Doni Monardo juga menyebutkan tingginya tingkat permintaan pembangunan pemukiman hingga aktivitas ekonomi manusia seperti pertanian, pertambangan, dan penebangan pohon ikut menyumbang kerusakan di wilayah hulu.

“Wilayah-wilayah hulu ini memang harus dijaga. Saya minta pemerintah daerah membuat aturan yang melindungi daerah-daerah hulu,” harap Jenderal bintang tiga ini di lokasi banjir di Karawang.

Menurut Doni Monardo penyempitan serta sedimentasi sungai pun sudah sangat parah pada saat ini. Selain itu, membuang sampah sembarangan juga masih menjadi persoalan penyebab banjir.

“Tadi Pak Sekda (Acep Jamhuri) juga mengakui. penyumbatan karena sampah masih terjadi dan menjadi salah satu penyebab banjir,” demikian Doni Monardo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA