Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

2 Tahun Bantuan Gempa Tak Ada Kejelasan, Massa Geruduk Kantor DPRD Ciamis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 25 Februari 2020, 16:40 WIB
2 Tahun Bantuan Gempa Tak Ada Kejelasan, Massa Geruduk Kantor DPRD Ciamis
Audiensi warga korban gempa dengan anggota DPRD Ciamis/RMOLJabar
rmol news logo Ratusan massa yang mengatasnamakan Komunitas Korban Gempa 2017 mendatangi Kantor DPRD Ciamis pada Selasa siang (25/2). Kedatangan mereka adalah untuk meminta kejelasan mengenai bantuan rehabilitasi dan renovasi rumah korban gempa.

Diketahui, Kabupaten Ciamis dilanda gempa bumi pada 2017 silam. Ribuan rumah pun rusak. Namun hingga 2020, korban belum mendapat bantuan renovasi rumah dari Pemkab Ciamis.

“Kami geramlah, kenapa sampai saat ini bantuan untuk rehabilitasi dan renovasi rumah korban tidak kunjung datang,” ujar Koordinator Aksi, Yanto (41), di Kantor DPRD Ciamis, Selasa, (25/2).

Yanto mengungkapkan, dirinya bersama puluhan korban, sebelumnya sudah melakukan audiensi bersama Pemkab Ciamis. Bahkan, pihaknya sempat menyambangi Pemerintah Pusat di Jakarta untuk mengonfirmasi dana bantuan gempa Ciamis tahun 2017.

“Kami menyayangkan sekali, karena tidak ada anggaran untuk kami, sebagai korban. Padahal pada waktu itu pernah dijanjikan akan diberi bantuan renovasi rumah korban,” ucapnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Dijelaskan Yanto, jumlah korban gempa terparah ada di Kecamatan Pamarican. Ada pun rumah yang yang mengalami rusak parah sebanyak 312 unit, rusak sedang 1.413, dan 3.999 lainnya rusak ringan.

“Harapannya harus dibantu semuanya. Dari yang rusak ringan sampai rusak parah,” ujarnya.

Saat audiensi di DPRD Ciamis massa diterima secara langsung Ketua Komisi D DPRD Ciamis Syarif Sutiarsa, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis, dan Kepala Dinas Sosial Ciamis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA