Warga Jabodetabek Diimbau Siaga Hadapi Hujan Ekstrem Malam Ini

Minggu, 23 Februari 2020, 23:35 WIB
Laporan: Diki Trianto

Ilustrasi hujan petir/Net

Masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi hujan ekstrem selama beberapa jam ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat di Jabodetabek pada 23 Februari 2020 pukul 20.45. Diperkirakan akan berlangsung hingga 00.15 WIB," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/2).

Setidaknya, beberapa wilayah yang termonitor berpotensi terdampak hujan yakni wilayah Jakarta Timur meliputi Cakung, Jatinegara, Matraman, Pulogadung. Jakarta Pusat meliputi Cempaka Putih, Gambir, Johar Baru, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, Tanah Abang.

Kemudian Jakarta Barat meliputi Grogol Petamburan, Palmerah, Tamansari, Tambora. Jakarta Utara meliputi Pademangan, Penjaringan, Tanjungpriok. Jakarta Selatan meliputi Tebet, dan sekitarnya.

"Kemudian Kabupaten Bogor dengan rincian Cigudeg, Jasinga, Leuwisadeng, Nanggung, Sukajaya, Kota Tangerang meliputi Jati Uwung, Karawaci, Periuk,  dan Kabupaten Tangerang meliputi Pasar Kemis, Rajeg, dan Sindangjaya.

Dari prediksi BMKG, potensi hujan tersebut akan meluas ke beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan beberapa wilayah di Jakarta.

Untuk mengetahui informasi cuaca terkini, masyarakat bisa mengakses informasi dari institusi resmi BMKG maupun informasi kesiapsiagaan dari BNPB dan BPBD, seperti InaRISK.

Di samping itu, warga juga perlu untuk memperhatikan pengumuman dan pengarahan dari aparatur di tingkat RT, RW dan kelurahan.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020