Bang Ancah: Pemprov Jangan Putus Semangat Pelototin Saluran Yang Tersumbat

Minggu, 23 Februari 2020, 10:15 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Bang Ancah/RMOL

Wilayah DKI Jakarta akan menghadapi musim penghujan hingga bulan Maret mendatang. Untuk itu, semua aparat pemerintahan provinsi harus hadir 24 jam dalam memberi pelayanan agar genangan yang terjadi tidak lama.

Begitu pesan dari calon wakil gubernur DKI Jakarta dari PKS, Nurmansjah Lubis menanggapi genangan air yang terjadi di sejumlah titik di ibukota pada pagi ini, Minggu (23/2).

“Saya pikir kalau jangka pendek maintenance ya, temen-temen dari dinas terkait harus melototin saluran yang diduga memberi genangan lama, drainase yang ada di Jakarta harus dipelototin sampai bulan Maret,” terangnya kepada Kantor Berita Politik RMOL di area car free day, Jakarta sesaat lalu.

“Jangan sampai putus semangat,” sambung calon pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sementara pada bulan April nanti atau pasca musim penghujan, pemprov harus lebih giat memperbaiki drainase. Got, selokan, dan gorong-gorong harus dipastikan tidak tersumbat.

“Kalau ada kabel sisa tertinggal harus dibersihkan,” lanjut pria yang akrab disapa Bang Ancah tersebut.

Sedangkan untuk jangka panjang, Bang Ancah meminta agar pengerjaan sodetan, normalisasi, naturalisasi, hingga pembuatan biopori dikebut,

Khusus biopori, dia meminta agar jangan hanya Jakarta saja yang membuat, tapi juga di wilayah lain seperti Bogor. Ini mengingat efektivitas biopori dalam menampung air hujan.

“Itu membantu kurangi kiriman banjir, sumur resapan dan biopori,” terangnya.

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020